KONSEP FITRAH DAN PERBANDINGAN DENGAN TEORI BARAT DALAM PROSES PENDIDIKAN ISLAM

Hamdi Yusliani

Abstract


Pemahaman terhadap teori perkembangan manusia yang dikembangkan dewasa ini memberi pengertian bahwa teori barat memegang peran penting dalam proses pendidikan. Di sisi lain, Islam sebagai agama yang sempurna telah memberikan pijakan yang benar tentang tujuan dan hakikat pendidikan sejak ratusan tahun lalu, yakni memberdayakan potensi fitrah manusia yang condong pada nilai-nilai kebajikan yang dapat memfungsikan diri sebagai hamba tanpa kecuali maupun prioritas terhadap suatu potensi tertentu. Dengan demikian, pendidikan menjadi suatu proses dalam membina seluruh potensi manusia sebagai makhluk yang beriman dan bertakwa, berpikir dan berkarya, untuk kemaslahatan diri dan lingkungannya.

 

Kata kunci: teori barat, potensi, pendidikan


References


Abdul Aziz Dahlan, Eksiklopedi Hukum Islam, Cet. I, (Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1996)

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002)

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Cet. IV, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)

Husnizar, Konsep Subjek Didik dalam Pendidikan Islam (Suatu Telaah Perkembangan Spiritual dan Intelektual Subjek Didik, (Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2007)

H. Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2002)

H.M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. II, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Kartini Kartono, Psikologi Anak, (Bandung: Alumni, 1979)

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000)

M. Nasir Budiman, Pendidikan dalam Perspektif al-Qur’an, (Jakarta: Madani Press, 2001)

Nurcholis Madjid, Pintu-pintu Menuju Tuhan, (Jakarta: Paramadina, 1994)

Sarlito W. Sarwono, Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh-tokoh Psikologi, (Jakarta: Bulan Bintang, 2000)

Zuhairini, dkk, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2004)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.