PENGELOLAAN LABORATORIUM KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SMP NEGERI 2 BANDA ACEH

Khairuddin -

Abstract


Pengelolaan laboratorium komputer sebagai media pembelajaran sangat berperan penting terhadap proses keberhasilan pembelajaran di sekolah sehingga guru dan siswa diharapkan dapat menguasai teknologi dan informasi yang sangat penting di era globalisasi sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem rekrutmen staf, penggunaan, dan pengembangan laboratorium komputer di sekolah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara dan Studi Dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Pengelola Laboratorium, Tenaga Laboran dan Siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perekrutan tenaga laboran berasal dari guru bidang studi sehingga kemampuannya kurang maksimal karena bukan ahli dibidangnya. 2) Penggunaan laboratorium komputer untuk memenuhi kebutuhan kegiatan belajar mengajar pengelola dan guru terlebih dahulu membuat suatu rancangan kegiatan dan jadwal pemakaian laboratorium untuk kegiatan pembelajaran, juga disertai dengan peraturan penggunaan laboratorium, dalam  pembelajaran masing-masing siswa mendapat satu komputer ketika proses belajar di laboratorium, sistem pembelajaran dilakukan secara langsung yaitu siswa melihat langsung kepada monitor sehingga langsung dapat dipraktekkan. 3). Pengembangan laboratorium komputer dilakukan melalui peningkatan kemampuan staf laboran dengan mengikuti pelatihan sehingga kemampuan guru meningkat, melaksanakan program e-learning sehingga guru dan siswa dapat mengembangkan program e-learning sebagai media pembelajaran, pengembangan bengkel komputer sehingga siswa mengetahui tentang perangkat keras (Hardware), dan meminta pengadaan komputer baru kepada Dinas pendidikan Kota Banda Aceh.

 

Kata Kunci : pengelolaan, media pembelajaran


References


Arsyad, Azhar. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Asmadi, Alsa (2007) Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatiff Serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas, (http://www.puskur.net/inc/si/smp/TIK.pdf tanggal 6 April 2008)

Mulyasa,E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho, M.(http://www.suaramerdeka.com/harian/0506/13/opi04.htm tanggal 6 April 2008)

Pidarta, Made. (2005). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Sadiman, et.al (2006) Media Pendidikan:Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT,Raja Grafindo Persada.

Suryosubroto, B. (2005) Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Yamin, Martinis, (2007). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tengang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.