EVALUASI BUKU PEULAJARAN BASA ACEH (Keu Murit Sikula Dasa Glah 4)

Ramli -

Abstract


Buku “Peulajaran Basa Aceh (Keu Murid Sikula Dasa)â€, yang selanjutnya disingkat dengan PBA, merupakan buku pelajaran bahasa Aceh yang telah lama digunakan. Oleh karena itu, isi buku terkesan tidak menarik lagi. Terlepas dari kelemahan yang ada, sampai saat ini, buku tersebut masih tetap digunakan di sekolah-sekolah. Berkaitan dengan fenomena ini, tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan (mengevaluasi) isi buku, baik berhubungan dengan pengembangan isi buku maupun tampilannya. Buku PBA ini terdiri atas enam jilid, yaitu jilid 1 s.d. 6.  Sebagai sampel, dievalusi buku PBA jilid 4. Buku ini terdiri atas 18 pelajaran dengan tema yang bervariasi. Karena pelajarannya banyak, evaluasi hanya dibatasi pada lima pelajaran, yaitu 1) “Tujoh Blah Agustus†(Memperingati Tujuh Belas Agustus), 2) “Syeedara Baro†(Saudara Baru),  3) “Seudati†(Tarian Seudari), 4) Rambu Jalan (Rambu-Rambu Jalan), dan 5) “Peu-Ek Glayang†(Bermain Layang-layang). Hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa buku PBA jilid 4 ditulis/dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar (buku) yang benar. Kelebihan buku terletak pada tema/topik/materi yang bervariasi, tugas dan konsep beragam, tidak bertentangan dengan keamanan nasional, dan bahasanya jelas. Namun, kekurangan buku, antara lain, terletak pada  kurangnya keterlibatan siswa, mengutamakan satu keterampilan berbahasa saja, informasi sudah ditinggal zaman, keotentikan teks kurang, dan warna/ilustrasi juga kurang. Di samping itu, buku PBA ini belum pernah direvisi. Oleh karena itu, penulis menyarankan agar segera direvisi dengan meyesuaikan isi buku dengan perkembangan masyarakat saat ini. Tema/topik materi tentang kearifan lokal perlu dimasukkan untuk memperkenalkan nilai-nilai lokal kepada murid dalam menghadapi pengaruh budaya global yang sangat gencar akhir-akhir ini. 

 

Kata kunci: evaluasi buku, “peulajaran basa Acehâ€

 


References


Afif, Zainal. “Bahasa Aceh Warisan Budaya Bangsa.†Banda Aceh, Surat Kabar Serambi Indonesia, 14 Januari 2003.

Cunningsworth, Alan. 1984. Evaluating and Selecting EFL Teaching Materials. London: Heinamenn Education Books.

-------------. 1995. Choosing Your Coursebook. Cambridge: Cambridge University Press.

Dubin, Fraida and Elite Olshtain. 1986. Course Design: Developing Programs and Materials for Language Learning. (Cambridge: Cambridge University Press.

Purwo, B. K. “Pengajaran Bahasa Nusantara di Indonesiaâ€. Makalah disampaikan pada “Konferensi Bahasa Nusantaraâ€, 18-19 Oktober 1999 di Taman Ismail Marzuki.

McDonough, Jo dan Christopher Shaw. 1993. Materials and Methods in ELT. Oxford: Blackwell Publishers.

Sulaiman, Budiman, dkk. Peulajaran Basa Aceh keu Murit Sikula Dasa Glah 4. Banda Aceh: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Daerah Istimewa Aceh, 1997.

Tomlinson, Brian. 2001. Materials Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Utomo, Erry dkk. 2000. Teknik Penulisan Buku Pelajaran Muatan

Lokal Pendidikan Dasar (SD dan SLTP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.