KEMAMPUAN GURU BAHASA INGGRIS MELAKSANAKAN MODEL PEMBELAJARAN AUTHENTIC ASSESSMENT DI SMA KOTA BANDA ACEH

Asnawi -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru Bahasa Inggris melaksanakan model pembelajaran Asesmen Otentik di SMA Negeri Kota Banda Aceh. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran Asesmen Otentik di SMA Negeri Kota Banda Aceh. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif-kualitatif. Populasi penelitian ini adalah semua guru bahasa Inggris di SMA Kota Banda Aceh, sedangkan sample/subjek penelitian ini adalah tiga orang guru Bahasa Inggris dan lima orang siswa yang  dipilih dari tiga SMA di Kota Banda Aceh secara acak. Metode pengumpulan data dalam penelitian  adalah dengan menggunakan lembar observasi pengamatan guru dan angket respon siswa. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil: (1) tingkat kemampuan guru Bahasa Inggirs SMA dalam melaksanakan model pembelajaran Asesmen Otentik di kota Banda Aceh termasuk kategori baik, (2) pada umumnya siswa SMA memberikan respon senang terhadap pelaksanaan model pembelajaran Asesmen Otentik di kota Banda Aceh.

  

Kata Kunci: kemampuan guru, autentik asesmen,


References


Arends, R. 1997. Classroom Instruction and Manajemen. McGraw-Hill Companies. Inc. New York.

Arends. 2001. Learning To Teach. Mcgraw-Companies, Inc. New York.

Cecep ER, 2002. Pembelajaran dan Pengajaran Konstektual (buku 5 pada manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah buku 5). Direktorat SLTP, Dirjen pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas. Jakarta.

Dahar R.W, 1998. Teori- Teori Belajar. Depdikbud P2LPTK. Jakarta.

Depdiknas, 2003. Kurikulum 2004. Balitbang Depdiknas. Jakarta.

Ibrahim, Muslimin, 2002. Asesmen Autetik, Modul :Bio D-01, Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Biologi. Directorat SLTP, Dirjen pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas Jakarta.

Jack, 1995. Performance Assesment: Mathematics Aplikation and Connection. Course glencoe Mc Graw-Hil. New York.

Johnson, E. 2002. Constektual Teaching and Learning: What it is and Why it’s here to Stay. Corwin Press. Inc. california.

Nurhadi, 2002. Pendekatan Kontekstual (Constextual Learning and Teaching). UNM Malang.

Grounlud dan Linn, 1995. Measurement and Assessment in Teaching. Prentice-hal Englewood clifts. New York.

Paidi, 2000. Implementasi Autentik Assessment dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (makalah dalam proceeding seminar nasional pengembangan MIPA di Era Globalisasi). FMIPA UNY. Yogjakarta.

Ratumanan, T.G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Unesa. Universitas Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.