UPAYA MENEMUKAN BUKU PELAJARAN YANG BERKUALITAS MELALUI STUDI KETERBACAAN (Studi Kasus pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kota Banda Aceh)

Rajab Bahri

Abstract


Penelitian â€Upaya Menemukan Buku Pelajaran Yang Berkualitas Melalui Studi Keterbacaan†ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan buku-buku pelajaran Bahasa Indonesia yang dipakai siswa SMP di Kota Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam. Penelitian ini dilakukan terutama untuk mengetahui apakah buku-buku yang digunakan di sekolah sekarang ini layak digunakan sesuai dengan konsep keterbacaan. Penelitian ini menggunakan tes klose dan IRI sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 judul buku yang dikaji taraf keterbacaannya didapati bahwa 20 (67%) buku berada pada level intruksional, yaitu buku yang cocok digunakan untuk siswa SMP di Kota Banda Aceh. Sementara itu, 7 (23%) buku berada pada level mandiri (independen level) dan 3 (10%) buku berada pada level frustrasi (frustration level).

 

Kata Kunci: keterbacaan, buku pelajaran


References


Bear, Roger. 1987. Developping Reading 3 – 13. London: Hodder and Stoughton.

Depdikbud. 1985. Panduan Penggunaan Kata, Kalimat, dan Wacana.

Dupuis, Marry M. & Eunice N. Askov. 1982. Content Area Reading: An Individualized Approach. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Gilliland, John. 1976. Readability. London: Hodder and Stoughton.

Harjasujana, Ahmadslamet; Yetty Mulyati; dan Titin N. 1988. Materi Pokok Membaca. (Universitas Terbuka). Jakarta: Karunika.

McNeil, John D. at all. 1980. How to Teach Reading Successfully. Boston: Little Brown and Company.

Robinson, H. Alen. 1979. Teaching Reading and Study Strategies: The Content Area. Boston. Allyn and Bacon, Inc.

Rusyana, Yus. 1984. Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: Diponegoro.

Siahaan, Bistok A. 1987. Pengembangan Materi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud.

Sumardi dkk. 1985. Pedoman Pengajaran Apresiasi Puisi. Jakarta: Depdikbud, P3B.

Tallei. 1988. Keterpaduan, Keruntunan, dan Keterbacaan Wacana Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar: Suatu Kajian dengan Pendekatan Analisis Wacana. (Disertasi). Bandung: FPS IKIP Bandung.

Tierney, Robert J., John E. Readence, and Ernest K. Disher. 1980. Reading Strategies and Practices: A Compodium. (Third Edition). London: Allyn and Bacon

Wildan. 1995. “Pengestimasian Tingkat Keterbacaan Naskah Laporan Hasil Penelitian Staf Pengajar di Lingkungan Unsyiahâ€. Hasil Penelitian.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.