PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MATERI JURNAL KHUSUS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW

Amrusi -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Rata-rata prestasi belajar   Akuntansi Keuangan  materi jurnal khusus dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mahasiswa Pendidikan Ekomomi FKIP Unsyiah, 2) Suasana kelas saat berlangsungnya proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi kelas akuntansi angkatan 2010/2011 yang berjumlah 25 orang. Untuk mengumpulkan data terlebih dahulu mahasiswa diajarkan materi tentang jurnal  khusus  dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Kemudian, diberikan tes dalam bentuk essay untuk melihat hasil belajar. Di samping itu, dilakukan observasi kelas, guna memantau suasana kelas saat berlangsung proses belajar. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan menggunakan rata-rata atau (mean) dan persentase untuk mengukur daya serap yang dicapai manusia. Data yang telah diolah tersebut, selanjutnya, disajikan secara deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata prestasi belajar mata kuliah Akuntansi Keuangan pada pokok bahasan jurnal khusus dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah 71. Ini menunjukkan pula bahawa sebesar 71% materi kuliah akuntansi keuangan dapat diserap oleh mahasiswa. Ini berarti rata-rata prestasi belajar mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang dicapai oleh mahasiswa sudah baik dan memuaskan. Adapun suasana kelas saat berlangsungnya proses belajar mengajar adalah suasana kelas cukup menyenangkan, santai, dan mahasiswa cukup aktif dan kreatif.

 

Kata kunci: prestasi belajar, akuntasi keuangan, materi khusus jurnal

 


References


As’ari, Abdur Rahman. (2003). Jigsaw Pembelajaran Struktur Aljabar I dengan Cooperatif Learning Model. Yogyakarta: UGM.

Depdiknas. (2004). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidkan Tinggi.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Cipta.

Hamalik, Omar. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Pajriana, Elisa. (2006). “Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Pada SMA Negeri 8 Banda Aceh.†Skripsi, FKIP Unsyiah, Banda Aceh.

Ratumanan, Gerson, Tanwey. (2004). Belajar Dan embelajaran. Unesa University Press.

Slamento. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Reneka Cipta.

Syah, Muhibdin. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tim Urge. (1997). Petunjuk Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif. Program Pascasarjana. Surabaya: IKIP.

Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Gramedia Indon.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.