PENGARUH PENDIDIKAN, KEMAMPUAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SMP NEGERI 3 BANDA ACEH

Rahmat Irawan, Agus Ariyanto

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara Pendidikan, Kemampuan Kerja dan Kompensasi terhadap kinerja pegawai pada SMP Negeri 3 Banda Aceh. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengaruh Pendidikan, Kemampuan Kerja dan Kompensasi terhadap kinerja pegawai pada SMP Negeri 3 Banda Aceh. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 61 pegawai. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner, observasi dan wawancara. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F (serempak) dan uji t (parsial) dimaksud untuk mengetahui secara serempak dan secara parsial pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (? = 0,05). Hasil penelitian berdasarkan uji serempak menunjukan bahwa antara variabel Pendidikan, Kemampuan Kerja dan Kompensasi berpengaruh sangat nyata (high significant) terhadap Kinerja Pegawai pada SMP Negeri 3 Banda Aeh. Sedangkan secara parsial variabel Pendidikan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai pada SMP Negeri 3 Banda Aceh sedangkan variabel Kemampuan Kerja dan Kompensasi tidak mempengaruhi Kinerja Pegawai pada SMP Negeri 3 Banda Aceh. Variabel yang paling dominan berpengaruh yaitu Pendidikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 53,2%. Hal ini, yang dilakukan oleh pegawai dalam meningkatkan kinerjanya sudah sesuai dengan perencanaanya masing-masing seperti seperti Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Gaya Kepemimpinan, Pelatihan Kerja serta latar belakang pegawai untuk meningkatkn Kinerja. Artinya dari hasil penelitian ini bahwa guru di SMP Negeri 3 Banda Aceh berkualitas dalam mengajar, kemudian kuantitas dalam pengajaran di SMP Negeri 3 Banda Aceh selalu memadai kemudian setiap guru mempunyai kehandalan dalam memberikan pengajaran sudah sangat baik serta para guru yang mengajar di SMP Negeri 3 Banda Aceh sudah memiliki pengalaman dalam bekerja.


Keywords


Pendidikan; Kemampuan Kerja; Kompensasi; Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Ayun, Q. 2011. Penilaian Kinerja (Performance Apprisial) Pada Karyawan di Perusahaan. Majalah Ilmiah INFORMATIKA. 2(3). 74-88. Tersedia pada: www.unaki.ac.id. Diakses 12 Agustus 2017.

Alamsyah, Bangkit. 2013. Pengaruh Kepemimpinan dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Danar Hadi Surakarta.

Arikunto, Suharsimi.,dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi. Aksara.

Dwi Prasetya Danarjati, Psikologi Pendidikan, (Yogyakarta : Graha Ilmu, 2014), hal. 28. No. 3 Juni 2013. http://ejournal. unsrat.ac.id/index.php/emba/arti cle/view/1368/1079. Di Akses 10 September 2017. Hal.10-19.

Hardjanto, Imam. (2012). Manajemen Sumber Daya Aparatur (MSDA). Malang

Mardehleni. 2013. Pengaruh Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Biro Distribusi dan Transportasi) Pada PT. Semen Padang. E- jurnal Apresiasi Ekonomi Volume 1, Nomor 1, Januari 9-15.

Mufidah.,Mandey, S.L. &Mananeke, L.2014. Analisis Tingkat Pendidikan, Kompetensi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Asuransi Jasa Raharja Putera Manao. Jurnal EMBA. 2(2). 1339-1348).

Mulyadi dan Rivai. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta cetakan kesembilan.

Okttavia dkk. 2015. Pengaruh Pendidikan, Kemampuan Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada kantor Dinas Sosial Kota Manado. (Jurnal).

Purnami, Ni L.E.D. 2014. Pengaruh Kompensasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada UD Mente Bali Sejahtera. Skripsi. Tersedia pada: Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA).

Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20.Edisi Kesatu. Yogyakarta: Andi.

Risqon, Mochamaddan Didik Purwadi. 2012. Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya,Vol 13,No1,Juni2012

https:// publikasi ilmiah. ums.ac.id/bitstream/ handle/

/2849/4.pdf?sequence= 1. Di Akses 14

Agustus 2017.Hal.35-43.Turere.

Rivai dan Mulyadi. 2009. Managemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Cetakan kesembilan.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v9i2.986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.