PENGARUH KOMUNIKASI PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. CENDANA TOUR & TRAVEL BANDA ACEH

Tuwisna Tuwisna

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Komunikasi Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Cendana Tour & Travel Banda Aceh. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner, dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t dimaksud untuk mengetahui secara serempak dan secara parsial pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Objek dalam penelitian ini adalah Komunikasi Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Cendana Tour & Travel Banda Aceh. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 86 responden. Hasil penelitian berdasarkan secara parsial komunikasi pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Cendana Tour & Travel Banda Aceh. Secara parsial kepuasan  berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Cendana Tour & Travel Banda Aceh. Secara simultan komunikasi pelayanan dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Cendana Tour & Travel Banda Aceh

Keywords


Komunikasi Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dewi, G. A. P (2014) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank BRI Di Kabupaten Tabanan. Tesis Program Magister Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Udayana Denpasar

Devito, Joseph. (2014). Komunikasi Antarmanusia. Tanggerang Selatan: Karisma Publishing Group.

Elfindri (2015). Solf Skill untuk Pendidik. Tanpa Kota , Baduose Media

Engel, James (2014). Perilaku Konsumen. Terjemahan: Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara

Ghozali, I. (2014). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP. Semarang.

Haryono, R. (2013) Analisis Pengaruh Servqual, Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Penguna Layanan Internet Banking dengan Menggunakan Metode Structural Equation Modelling (Studi Kasus : Bank “X”). Jurnal Sains Dan Seni Pomits Vol. 2, No.2, (2013) 2337-3520 (2301-928x Print)

Henriawan, Desa. (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Toko Cabang Mufin Wilayah Bandung Timur). Jurnal Copetition, Volume VI, Nomor 2

Ishak, A., dan Luthfi, Z., (2015), Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas: Studi Tentang Peran Mediasi Switching Costs, Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 15, No. 1.

Kotler, P & Keller, K.L. (2013). Marketing Management, Global Edition.Pearson Prentice. Hall

Kotler, P. (2014) Manajemen Pemasaran, Jakart: Prenhallindo

Kotler, P., & Armstrong, G (2014). Principle of marketing. Upper Saddle River, N.J: Pearson Prentice Hall

Lombard, M, dan Plessis, Stefan S (2014). Customer Satisfaction, Trust and Commitment as Predictors of Customer Loyalty Within an Optometric Practice Environment. Southern African Business Review. Vol 16, No. 16. Pp81- 96.

Magdalena, M. (2014) Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Kpr Btn Pada PT. Bank Tabungan Negara Tbk. Cabang Padang. Jurnal KBP Vol 2 – No. 2, Juni 2014

Magdalena, M. (2014) Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Kpr Btn Pada PT. Bank Tabungan Negara Tbk. Cabang Padang. Jurnal KBP Vol 2 – No. 2, Juni 2014

Malhotra, N.K. (2014). Riset Pemasaran : Pendekatan Terapan Jilid 2. Jakarta:PT. Indeks.

Mukholifah, Siti (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada BPRS Dana Hidayatullah Yogyakarta. Skripsi Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Nurhayati, Risky (2014) Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2009 pengguna Handphone Merek Nokia). Yogyakarta: Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran

Paulu, S. (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Wonosari. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo

Prastiwi, Destiana Vidya (2016). Hubungan Antara Konsentrasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Sekecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta

Priyantono, M. Y. (2014) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Merdeka. Artikel Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya

Putri, Y. T. E. (2013) Pengaruh Komunikasi Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di 7-Eleven Buaran. Binus Business Review Vol. 4 No. 2

Rakhmat, J. (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Rizkiyani, N. (2013). “Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Sayuthi, Marsyita (2014). Analisis Pengaruh Customer Relationship Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Sulselbar Di Makassar. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Hasanuddin Makassar.

Sedarmayanti. (2014). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Sekaran, U. (2013) Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Setiyaningsih, D. N. (2014) Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Switching Cost Sebagai Variabel Mediasi. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Santoso, S. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Laboratorium Klinik Populer Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 2 No. 6

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta.

Suwandari, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No.1

Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2014). Pemasaran strategik. Edisi kedua : Yogyakarta: Andi Offset

Umar, H. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Yuiati, A. L. (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. DeReMa Jurnal Manajemen Vol. 11 No. 2

Zuhdi, U.F. (2015). Komunikasi bisnis pemahaman secara mudah. Yogyakarta: Wahana Totalita Publisher.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v9i2.782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.