PENGARUH EKSPEKTASI PELANGGAN, KELENGKAPAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ( STUDI PADA PELANGGAN INDOMARET DI KOTA BANDA ACEH )

Tarmizi Gadeng

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui besarnya pengaruh Ekspektasi Pelanggan, Kelengkapan Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Indomaret Banda Aceh baik secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini seluruh konsumen yang berbelanja pada Indomaret. Tehnik penentuan sampel non probability sampling, tehnik penarikan sampel dengan purposive sampling Penarikan sampel dilakukan dengan rumus purba jumlah sampel 96 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan lembaran pertanyaan (kuesioner) yang telah dipersiapkan kepada responden. Data primer tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakn regresi linier berganda. Hasil penelitian menjelaskan Ekspektasi pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Indomaret di Kota Banda Aceh dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t-tabel. Kelengkapan produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Indomaret di Kota Banda Aceh dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t-tabel. Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Indomaret di Kota Banda Aceh dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t-tabel. Secara simultan ekspektasi pelanggan, kelengkapan produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Indomaret di Kota Banda Aceh dengan nilai F hitung lebih besar dari nilai F-tabel.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Bayu Yulianto. 2013. “Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Layanan Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepeda motor Kawasaki”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 1, Nomor 1, Januari 2013, hlm. 25-46

Bramardian. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Susu ”Mom Milk” Di Surakarta. Naskah Publikasi. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ardhana, Oldy. 2010. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Skripsi.Semarang Universitas Diponegoro.

Dedy Hidayat, 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga,dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Pengunjung di Gembira Loka.Jurnal Manajemen Vol 1 no 1 April 2017.

Endratama, Dewanto. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Rumah Teh “Ndoro Donker”. Naskah Publikasi. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhamamdiyah Surakarta.

Hana Ofela 2016 “Pengaruh Harga, Kualitas Prduk, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kebab King Abi Surabaya.

Indri Hastuti Listyawati, 2017. Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Beli Konsumen di Pamella 4 Yogjakarta, JBMA : Vol IV, o 2 September 2017 ISSN : 2252-5443.

Jessica J.Lenzun, James D.D. Massie, Deky Adrea (2014) Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel.

Kotler, dan Amstrong, Setyo. 2012, “Pengaruh Iklan Televisi dan Harga Terhadap keputusan Pembelian Sabun Lux”, Jurnal Riset Sains Indonesia.Vol. 3, No. 1.

Ratna Yulia Wijayanti, Irsad Adriyato, 2016. Pengaruh Harapan, Kepuasan dan Saran Fisik Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, Vol. 4, No 2, Desember 2016.

Riyadi. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada RumahMakan Spesial Sambal Di Surakarta. Artikel Publikasi Ilmiah. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Alfa Bete. Bandung.

Surwani, Septina Dewi Mayasari, Jurnal Ekonomi Bisnis, TH 16,No 1,Maret (2011) Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen.

Wahyu Nur Prabowo, 2015. Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi, Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 1 No. 1 September 2015.

Yohandes Rabiqy, 2016. Pengaruh Ekspektasi Pelanggan, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Internet Telkom di Banda Aceh, SEMNAS FEKOM 2016 Hal 466.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v8i2.706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.