TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN JASA PENDIDIKAN PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH

Mukhtaruddin Mukhtaruddin, Nadiya Nadiya, Suryani Murad

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan jasa pendidikan pada Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh(2)Mengetahui perbedaan kepuasan antara harapan dan kenyataan yang dirasakan mahasiswa Fakultas Ekonomi sehubungan dengan pelayanan jasa pendidikan pada Universitas Muhammadiyah Aceh.

Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pelayanan jasa pendidikan pada Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh. Sedangkan subjek yang digunakan adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh. Teknik pengumpulan data meliputi: wawancara, kuisioner, dan studi kepustakaan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan alat bantusoftware computer melalui programStatistical Product and Service Solution (SPSS) versi 21.00.

Dalam penelitian ini ada lima dimensi yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan jasa pendidikan di Fakultas Ekonomi Iniversitas muhammadiyah Aceh, yaitu: Kehandalan (Reliability), Daya tanggap (Responsiveness,), Jaminan (Assurance), Empati (Empathy) dan Bukti Fisik (Tangible). Diantara kelima dimensi kualitas pelayanan jasa pendidikan tersebut nilai kesenjangan (gap) terbesar pada dimensi tangible, yakni sebesar -0,86 hal ini dapat diartikan dimensi kualitas layanan yang dinilai paling buruk menurut mahasiswa adalah dimensi tangible. Sebaliknya dimensi yang dinilai paling baik adalah dimensi responsiveness. Dengan kata lain, bila pengukuran kepuasan didasarkan pada perbandingan antara harapan terhadap layanan dengan kinerja pelayanan yang dirasakan, maka secara umum mahasiswa lebih puas terhadap dimensi responseveness.

                                                           

Kata kunci : Pelayanan, Reability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangible, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v7i1.485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.