PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS BINA MARGA DAN CIPTA KARYA PROVINSI ACEH

Agus - Ariyanto, Mariani -

Abstract


Kurang adanya peranan kepemimpinan dalam menciptakan komunikasi yang harmonis serta memberikan pembinaan pegawai, akan menyebabkan tingkat kinerja pegawai rendah. Demikian halnya dengan kurangnya motivasi pegawai seperti tidak disiplin masuk kerja, malas-malasan dalam bekerja akan menyebabkan kinerja pegawai rendah, sehingga penulis tertarik untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai pada dinas bina marga dan cipta karya provinsi aceh.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Aceh. Penelitian dilaksanakan di di jalan jendral sudirman no.I Banda Aceh. Objek penelitian adalah data primer mengenai faktor Gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai di Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Aceh. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 60 responden. Alat ukur yang digunakan adalah dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menghasilkan persamaan sebagai berikut: Y = 1.321 + 0.493X1 + 0.052X2.

Koefisien korelasi (R) = 0,534/53,4% menggambarkan bahwa derajat hubungan antara gaya kepemimpinan, dan motivasi terhadap tingkat kinerja pegawai pada Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Aceh mempunyai hubungan erat. Koefisien determinan (R2) sebesar 28.5% menunjukkan tingkat kinerja pegawai terhadap gaya kepemimpinan dan motivasi. Berarti 71.5% tingkat kinerja pegawai dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti.

 

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Motivasi, kinerja pegawai


References


Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan (2008) Manajemen Sumber Daya Manusia . Edisi Revisi Cetakan Ketiga Belas. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu. 2006. Manajemen Dasar Pengertian Dan Masalah. Edisi Revisi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi, Cetakan Ketujuh. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Veithzal Rivai dan Deddy Mulyadi. 2009. Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Veithzal, Rivai. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Kepraktik. Edisi Kedua. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Masrukhin dan Waridin. 2006. Pengaruh Motivasi Kerja Kepuasan Kerja, Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai, Jurnal Ekonomi & Bisnis, Vol. 7, No.2.

Mangkunegara. 2006. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung. PT. Refika Aditama. (2005). Evaluasi Kinerja SDM. Refika Aditama. Bandung.

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung, 2009.

Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge, 2008. Perilaku Organisasi Edisi Ke-12, Jakarta : Salemba Empat.

Simamora Henry, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi III, STIE YKPN, Yogyakarta.

Dessler. Gary (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Indeks. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Indeks.

Wexley, Kenneth N. dan Lathan Yukll E. Develoving And Training Human Resources Management In Organization 3 “Edition. Newyork : Pearson Education, Inc. Uplew Saddle River.

Sekaran; Uma, Research Methods For Business. Edisi 4, Jakarta. PT. Salemba Empat. 2006

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian. Edisi 2 BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Dwi Priyatno, (2008). Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta, Media Kom.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivatiate dengan Program SPSS. Semarang : BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Aplikasi Analisis Multivatiate dengan Program SPSS. Semarang : BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Tampubolon, Manahan, 2007. Manajemen Keuangan (Finance Management) Cetakan Pertama, Penerbit Ghalia Indonesia : Bogor.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS(Statistical Product and Service Solution) Untuk analisis Data & Uji Statistik). Yogyakarta: Media Kom.

Brahmasari, I dan Suprayetno, A. (2008). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Serta Dampaknya Pada Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. Pei Hai Internasional Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 10, No.2.

Dinas Bina Marga Dan Cipta Karya Provinsi Aceh. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2011, Profile Organisasi, Data Daftar Hadir Setiap Bidang, Data-Data Kepegawaian dan Lampiran XIII Qanun Aceh No.5 Tahun 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.