PENGARUH KOMPETENSI SDM, PENGEMBANGAN KARIR DAN KOMITMEN KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KANTOR BPJS KETENAGAKERJAAN BANDA ACEH

Agus Ariyanto, Husnaina Mailisa Safitri, Syarifah Raihan Zakiya

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui pengaruh Kompetensi SDM, Pengembangan Karir dan Komitmen Karyawan terhadap Kinerja Karyawan pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Banda Aceh. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jumlah sampel yang dipakai dalam penelitian sebanyak 37 responden. Pengujjian hipotesis penelitian menggunakan analisis linear berganda yaitu Uji F (Simultan) dan Uji t (Parsial) yang dimaksudkan untuk dapat mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Kompetensi SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Banda Aceh, kemudian secara parsial variabel Pengembangan Karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Banda Aceh dan secara parsial variabel Komitmen Karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Banda Aceh. Sedangkan secara simultan Kompetensi SDM, Pengembangan Karir dan Komitmen Karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada kantor BPJS Ketenagakerjaan Banda Aceh.

Keywords


Kompetensi SDM; Pengembangan Karir; Komitmen Karyawan; Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Ammar Balbed dan Desak ketut Sintaasih (2019). Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Pemediasi Motivasi Kerja Karyawan. E-Jurnal Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali. Vol.8 No.7 2019.

Angga Rahyu Shaputra dan Susi Hendriani (2015). Pengaruh Kompetensi, Komitmen dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Wilayah Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis. Program Pascasarjana Universitas Riau. Vol. VII No. 1 januari 2015.

Arifin et., Al. (2014). Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Erlangga.

Bangun. (2012). Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Gramedia Utama.

Distywaty (2017). Pengaruh Kompetensi dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Aparatur Pengawas Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. E-Jurnal Katalogis. Program studi Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Tadulako, Vol. 5 No.4, April 2017.

Fatchur Rohman (2016). "Kompetensi SDM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Akuntasi KSP di Kabupaten Jepara". JEAM. Program studi Akuntansi FEB UNISNU Jepara. Vol XV april 2016.

Mangkunegara (2015). Kompetensi SDM. Jakarta : PT. Erlangga.

Mangkunegara. (2013). Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Rajawali.

Monica I. Rondonuwu, et al. (2017). Pengaruh Motivasi, Komunikasi dan Komitmen Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan di PT Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol.5 No.2 Juni 2017.

Nawawi. (2015). Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Rajawali.

Rivai (2014). Sumber Daya Manusia. Bandung : PT. Revika Aditama.

Robbins (2016). Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Salemba Empat.

Robbins. (2016). Sumber Daya Manusia Jilid 2. Jakarta : PT. Salemba Empat.

Spencer. (2014). Indikator Kompetensi SDM. Jakarta : PT. Gramedia Utama.

Suparno (2017). Peningkatan Kinerja. Jakarta : PT. Erlangga.

Wibowo. (2015). Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung : PT. Revika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v12i2.1607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.