KONSEP DIRI DAN KINERJA KARYAWAN DI DINAS KESEHATAN JANTHO ACEH BESAR

Winda Putri Diah Restya, Nova Ardila Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kinerja karyawan di Dinas Kesehatan Jantho Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di Dinas Kesehatan Jantho Aceh Besar, yang berjumlah 112 orang karyawan dan yang dijadikan sampel penelitian berjumlah 92 orang dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Pengambilan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan skala konsep diri dan skala kinerja karyawan. Adapun analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara konsep diri dengan kinerja karyawan dengan nilai r sebesar 0,885 dan signikansi P=0,000 (P<0,01). Hal ini berarti bahwa semakin tinggi konsep diri yang dimiliki oleh seorang karyawan maka akan semakin baik pula kinerja karyawan tersebut dan sebaliknya semakin rendah konsep diri yang dimiliki oleh seorang karyawan maka akan semakin rendah pula kinerjanya. Konsep diri merupakan salah satu variable yang memberikan sumbangan relatif terhadap kinerja karyawan yaitu sebesar 78,3% sedangkan 21,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara konsep diri dengan kinerja karyawan.

 

Kata kunci : konsep diri, kinerja karyawan.


References


Berzonsky, J. 2001. Pengaruh Konsep Diri dalam Kehidupan Remajaâ€. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Burns, H. 2003. Komunikasi Antar Pribadi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Brehm dan Kassin. 2009. “Gaya Kelekatan dan Konsep Diriâ€. Jurnal Psikologi. No. 1, hal. 9 – 17.

Budi Andayan dan Tina Afiantin. 2006. “Konsep Diri, Harga Diri, dan Kepercayaan Diri Remajaâ€. Jurnal Psikologi. No. 2, hal 23 – 30.

Caesar, V, P. 2008. Pengaruh Konsep Diri dalam Komunikasi Interpersonal Pustakawan Hubungannya terhadap Kepuasan Pemustaka di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Cirebon. Cirebon: Universitas Terbuka.

Deaux, Dane dan Wrihtsman, 2003. Teori Komunikasi: Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Fannaninur. 2011. Hubungan antara Konsep Diri dengan Motivasi Kerja Pustakawan pad UPT Perpustakaan Unsyiah Banda Aceh. Banda Aceh: IAIN Ar-Raniry.

Grinder, S. 2008. The Arrt of Attitude. London: Longman.

Hasley, W. 2003. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Kartika, Sari. 2002. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kartono dan Gulo, H. 2002. Psikologi Komunikasi. Bandung: remaja Rosdakarya.

Kassin, D. 2009. Dinamika Pengaruh Pemahaman Diri dalam Masyarakat. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hadi, S. 2011. Pengaruh Kredibiltas Karyawan dalam Komunikasi Interpersonal terhadap Sikap Nasabah pada Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 4, No. 1, hal. 1 – 13.

Warman, H. 2002. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Grafindo Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.