SELF-ESTEEM DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI INDRAPURI

Jasmadi -, Juwita -

Abstract


Motivasi berprestasi merupakan salah satu aspek yang harus dimiliki oleh seorang siswa untuk menunjang prestasi belajarnya. Ada siswa yang mudah mencapai prestasi, tetapi ada juga siswa yang lambat dalam mencapai prestasi. Keberhasilan seoarang siswa dalam belajarnya juga ditentukan berdasarkan motivasi berprestasi tinggi, karena dengan motivasi berprestasi tinggi siswa mampu menguasai tugas, mengatasi hambatan, mencapai hasil maksimal dan bangga dengan kemampuannya. Oleh karena itu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi menjadi penting guna mengatasi masalah-masalah yang dapat berdampak negatif bagi proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan apakah ada hubungan antara self-esteem dengan motivasi berprestasi pada siswa Madrasah Aliyah Negeri Indrapuri.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II Madarasah Aliyah Negeri Indrapuri yang berjumlah 68 orang, oleh karena itu penelitian ini disebut juga penelitian populasi. metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan rumus korelasi product moment dengan program SPSS 13,01 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara self-esteem dan skala motivasi berprestasi pada siswa Madrasah Aliyah Negeri Indrapuri dengan koefisien relasi r=0,501. (lebih besar dari 0,05) dapat diartikan relatif erat dan sangat signifikan pada taraf P > 0,005 dan koefisien determinannya (r2) adalah sebesar 25,1% yang artinya semakin tinggi self-esteem maka semakin tinggi motivasi berprestasi pada siswa Madrasah Aliyah Negeri Indrapuri dan koefisien determinannya (r2) adalah sebesar 25,1% yang artinya semakin tinggi self-esteem maka semakin tinggi motivasi berprestasi siswa. Sisanya 74,9% dipengaruhi oleh faktor –faktor lain yang tidak diteliti. Seperti faktor keinginan atau cita-cita, kemampuan, kondisi fisik maupun psikis, lingkungan, sarana atau fasilitas termasuk tenaga pendidik.

 

Kata kunci: Self-esteem dan motivasi berprestasi.


References


Ali, M. dan Asrori, M. 2004. Psikologi Remaja, Jakarta: Bumi Aksara

Alwisol. 2005. Psikologi Kepribadian, Edisi Revisi. Malang: UMM Press.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

As’ad. M. 2004. Psikologi Industri, Jakarta: Liberty, Yogyakarta.

Azwar, S. 2006. Penyusunan Skala Psikologi. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Azzahy. 2009. Motivasi dan Motivasi Berprestasi. Diakses pada Tanggal 25 November 2010. Syakira-blog-spot.com/…/motivasi-dan-faktor-faktor-yang-html.

Baron, R dan Byrne, 2003. Psikologi Sosial. Edisi ko 10. Penerjemah: Ratna Djuwita dan dkk. Jakarta: Erlangga.

Danny.2009. Aspek-aspek Harga Diri. Diakses pada Tanggal 25 November 2010. Danny paijo.blogspot.com

Dayakisni, T. dan Hudaniah. 2003. Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.

Desmita, 2005. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Djiwandono, E.W. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia

Faisal, A. dan Zulfanah. 2008. Menyiapkan Anak Jadi Juara. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Martin, A.

D. 2003. Emotional Quality Management. Jakarta: Arga Munandar, A.S.

Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: UI Press

Sardiman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shaleh, A.R. dan Wahab, M.A. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.

Santrock, J.W. 2003. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Penerjemah: Sinto B dan dkk. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J.W. 2003. Perkembangan Remaja. Edisi Ketujuh. Penerjemah: Sinto B dan dkk. Jakarta: Erlangga.

Severe, S. 2002. Bagaimana Bersikap baik pada Anak agar Anak Bersikap Baik pada Kita. Penerjemah: T. Hermayana. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sobur, A. 2003. Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Jakarta: Pustaka Setia.

Soemanto, W. 2003. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta Sondang, 2004.

Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sukmadinata, N.S. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Surya, H. 2007. Percaya Diri itu Penting. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Syah, M. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tracy, B. 2005. Change Your Thingking, Change Your Life. Penerjemah: Anies Lastiati, Bandung: Kaifa.

Walgito, B. 2003. Pengantar Psikologi Umum. Jogjakarta: Andi.

Winardi, J. 2002. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Winarsunu, T. 2004. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.