MEDIA CETAK DAN KESEHATAN MENTAL MASYARAKAT PROPINSI ACEH

Jasmadi -

Abstract


Pada saat masyarakat hidup di dunia yang semakin canggih dan banyaknya imigran asing yang masuk ke Aceh pasca tsunami, sementara masyarakat Aceh masih  berada dalam kondisi kegoyangan sendi-sendi kehidupan dan juga tidak jarang memperlihatkan pola gejala mental yang belum stabil. Salah satu sarana yang dapat menetralisir kondisi tersebut, salah satunya dapat diatasi lewat media massa. Peran media cetak dalam upaya meningkatkan kesehatan mental bagi masyarakat Aceh menjadi sutau hal yang penting diperhatikan.

Pemilihan media cetak sebagai sarana penelitian penulis, karena melihat peran media cetak yang lebih efektif dalm menyampaikan pesan kepada masyarakat Aceh. Hal ini dapat dilihat dari aktifitas masyarakat Aceh dalam mengkonsumsi berita media cetak, baik kelas menengah ke atas yang mengkonsumsinya di kantor-kantor dan juga masyarakat dari masyarakat kelas bawah yang membaca dan mendiskusikan hasil bacaannya di warung-warung kopi. Tanggapan dan substansi diskusi yang sempat penulis catat sangat berkaitan dengan pengalaman dari pembaca itu sendiri. Tanggapan dan reaksi yang paling ringan dan sangat berbahaya serta umum terlihat terhadap pengkonsumsian berita di Aceh adalah kurangnya reaksi dan menganggap biasa terhadap berita criminal (pembunuhan dan perampokan). Kurangnya tanggapan terhdap sesuatu yang urgen untuk disikapi adalah sesuatu indikasi sensifitas pembaca yang kurang tajam. Atau masyarakat dalam menyikapi permasalahan disekitarnya terkesan cuek dan apatis. Bahkan ada di antara pembaca yang menanggapi berita di media cetak yang kurang wajar. Fenomena inilah yang mendorong penulis untuk melakukan analisa lanjutan dengan judul “Media Cetak dalam Usaha Penyehatan Mental Masyarakat di Aceh”.

Tulisan ini diharapkan solusi yang ditawarkan dari hasil ulasan ini dapat dijadikan alternative preventif dan kuratif bagi media cetak terhadap peningkatan kesehatan mental di Aceh.

 

Keyword: Media Cetak, Kesehatan Mental, Masyarakat Aceh.

 


References


Buku:

Alwisol, 2004, Psikologi kepribadian, Malang: UMM Press.

Djumhana Bastaman, Hanna, 1995, Integrasi Psikologi dengan Islam: Menuju Psikologi Islami, Editor: Fuad Nashori, Yogyakarta: Yayasan Insan Kamil & Pustaka Pelajar.

Notosoedirjo, Muljono & Latipun, 2002, Kesehatan Mental, Malang: UMM Press.

Sobur, Alex, 2004, Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

William L. Rivers, et. al. 2004, Mass Media and Modern Society 2 nd Edition, Terj. Haris Munandar & Dudy Priatna, Jakarta : Predana Media.

Surat Kabar:

Harian Serambi Indonesia Edisi Sabtu 15 September 2007.

Hasil Penelitian

Hasil observasi terhadap tanggapan pembaca Hasrian Serambi Indonesia di 3 warung kopi Tungkop & Darussalam, tanggal 10 Agustus s/d 12 September 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.