FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DERMATITIS DI PESANTREN DARUL MUNAWWARAH PIDIE JAYA TAHUN 2018

Hafni Zahara, Linda T.Maas, Rahayu Lubis

Abstract


Latar Belakang: Dermatitis merupakan peradangan kulit (epidermis dan dermis) sebagai respon terhadap pengaruh faktor eksogen dan endogen, menimbulkan kelainan klinis berupa eflorensasi polimorfik (eritama, edema, papul, vesikel, skuama, likenifikasi) dan keluhan gatal. Menurut badan kesehatan dunia World Health Organization (WHO) pada survei American Academy of Allergy, Asthma and Immunology (AAAAI) Tahun 2013, dermatitis merupakan masalah kulit yang umum dimana terdapat 5.7 juta kunjungan dokter pertahun akibat penyakit dermatitis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan personal hygiene santri dan peran pimpinan santri terhadap kejadian dermatitis di Pesantren Darul Munawwarah Pidie Jaya Tahun 2018. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik menggunakan desain cross sectional dengan sampel sebanyak 90 responden dari total populasi 1480 orang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Data dikumpulkan dengan wawancara menggunakan kuisioner dan observasi langsung. Analisis data dilakukan dengan uji Chi-Square dan uji Regresi Logistik Berganda menggunakan Software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan responden yang menderita dermatitis sebanyak 52.2% dan sebanyak 47.8% tidak dermatitis. Hasil uji chi-square menunjukkan variabel yang berhubungan secara signifikan terhadap kejadian dermatitis adalah sikap (p=0.027) dan personal hygiene (p=0.003), sedangkan variabel pengetahuan (p=0.184) dan peran pimpinan (p=0.333) tidak memiliki hubungan yang signifikan. Kesimpulan: Semakin baik sikap dan perilaku personal hygiene santri maka semakin sedikit kejadian dermatitis pada santri. Selanjutnya, diharapkan kepada santri untuk lebih memperhatikan personal hygiene (kebersihan diri) baik dari hal yang terkecil dan terbesar.


Full Text:

PDF

References


Akmal, S., Semiarty, R., dan Gayatri, Hubungan Personal Hygiene Dengan Kejadian Skabies Di Pondok Pendidikan Islam Darul Ulum Paralik Air Pacah Kecamatan Koto Tangah, FK Universitas Andalas; 2013.

Aswin, B., Pengaruh Pengetahuan, Sikap Dan Upaya Pencegahan Terhadap Kejadian Iritasi Kulit Pada Pekerja Pengemasan Ikan Di Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara, FKM USU; 2012.

Chandra, B., Pengantar Kesehatan Lingkungan, Jakarta: EGC; 2012.

Dinkes Pidie Jaya., Profil Kesehatan Pidie Jaya, Aceh; 2017.

Depkes., Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan, Jakarta: Depkes; 2007.

Fauziah, dkk., Hubungan Lama Kontak Dan Perilaku Kerja Terhadap Kejadian Dermatitis Petani Rumput Laut Dusun Puntondo Takalar, Universitas Hasanuddin: Makassar; 2015.

Kemenkes RI., Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2014, Jakarta; 2014.

Laily, S., Pentingnya Hygiene Untuk Kesehatan, Jakarta: CV Segung Seto; 2012.

Nanda, M., Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Dermatitis Pada Santri Di Pesantren Modern Al Mukhlisin Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara; 2014.

Puskesmas Kuta Krueng., Profil Puskesmas, Aceh; 2017.

Rahmayani, S., Rahamlia, S., Dewi Y.I., Hubungan Pengetahuan Dan Perilaku Dengan Frekuensi Kejadian Penyakit Kulit Pada Masyarakat Pengguna Air Kuantan, Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau; 2014.

Safriyanti, Lestari, H., Ibrahim, K., Hubungan Personal Hygiene, Lama kontak Dan Riwayat Penyakit Kulit Dengan Kejadian Dermatitis Kontak Pada Petani Rumput Laut Di Desa Akuni Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo; 2016.

Sartiwi, W., Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Santri Tentang Pencegahan Penyakit Dermatitis Di Pondok Pesantren Darussalam Auduri Sumani Kecamatan X Koto Singkarak, Stikes Syedza Saintika Padang; 2016.

Sri, A.., Surja. D., Ilmu Penyakit Kulit Dan Kelamin, Jakarta: FKUI; 2010.

Susanto, R.C., Ari, M.G.A., Made., Penyakit Kulit Dan Kelamin, Yogyakarta: Nuha Medika; 2013.

Wahyuningsih, B.D., Hubungan Dukungan Pengasuh Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Santri Dengan Pencegahan Skabies Di Pondok Pesantren Darul Dakwah, Stikes Bina Sehat PPNI Mojokerto; 2016.




DOI: https://doi.org/10.37598/jukema.v5i1.701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.