GAMBARAN TINGKAT STRES PADA ORANG TUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNAGRAHITA) DI SLB YAYASAN BAHAGIA KOTA TASIKMALAYA

Wawan Rismawan, Meyriana Ulfah, Anih Kurnia

Abstract


Latar Belakang: Orang tua berharap memiliki anak yang sehat, baik fisik maupun mental, namun keberadaan anak berkebutuhan khusus dalam keluarga akan menjadi stressor tersendiri bagi setiap anggota keluarga karena dapat menjadi beban bagi keluarga baik secara mental maupun materil. Stres yang dialami oleh orang tua dengan anak berkebutuhan khusus berpengaruh pada perkembangan anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat stres orang tua dengan anak berkebutuhan khusus (tunagrahita) dan klasifikasi anak tunagrahita di SLB Yayasan Bahagia Tasikmalaya. Metode: Rancangan penelitian deskriftif kuantitatif dengan teknik sampling accidental. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang tua siswa/siswi tunagrahita di SLB Yayasan Bahagia Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data menggunakan alat ukur observasi dan kuesioner dass 42. Hasil: Peneliti mendapatkan hasil bahwa anak tunagrahita sedang 20 orang (66.7%) sedangkan anak tunagrahita ringan 10 orang (33.3%) dan tidak ada anak tunagrahita berat (0%). Tingkat stres orang tua yang peneliti dapatkan, yaitu stres ringan 29 orang (96.7%), stres sedang 1 orang (3.3%) dan tidak ada stres berat (0%). Kesimpulan: Peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa anak tunagrahita sedang lebih banyak dari anak tunagrahita ringan dan tingkat stres yang dialami orang tua lebih banyak tingkat stres ringan dari tingkat stres sedang atau berat. Saran: adanya penelitian lanjutan tentang teknik menurunkan stress pada orang tua dengan anak tunagrahita.


Full Text:

PDF

References


Apriliyanti, D., Hubungan Kemampuan Manajemen Stres Dengan Tingkat Stres Pada Orangtua Anak Tunagrahita Di Slbn 1 Palangkaraya, 2017, 43–46 tersedia dalam https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/ANN/article/download/ 1164/1 079, diakses pda 28 Juli 2018.

Darmono, Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, 2017, tersedia dalam http://ejournal.iaingawi.ac.id/ index.php/almabsut/%09 article/view/21/14, diakses pada 31 Januari 2018.

Desiningrum, Psiokologi Anak Berkebutuhan Khusus, 2016, tersedia dalam http://eprints.undip.ac.id/51629/1/Dinie_Ratri__ Buku_Psikologi_ABK_2016.pdf, diakses pada 13 April 2018.

Devina & Penny, Gambaran Proses Penerimaan Diri Ibu Yang Memiliki Anak Dileksia, Vol 3. Hal 44–52; 2016.

Donsun, Metodologi Penelitian Keperawatan, Yogyakarta: Pustakabaru press; 2016.

Fauzi, Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Motivasi Anak Berolahraga Di Akademi Futsal Maestro Bandung Universitas Pendidikan Indonesia; 2015. http://repository.upi.edu/20820/5/S_PKR_110302 2_Chapter2.pdf, diakses pada 18 April 2018

Kyle & Carman, S., Buku Ajar Keperawatan Pediatri Ed. 2, Vol. 2, Jakarta: EGC; 2015.

Lubis., Penyesuaian Diri Orang Tua Yang Memiliki Anak Autis, 2009. tersedia dalam https://s3.amazonaws.com/acade mia.edu.documents/40850329/09E01232_donlod.pdf?AWSAccessKeyId=KIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1517221868&Signature=skVc5nn7vDbHOXQOsG8zcIImww%3D&responsecontentdisposition=inline%3Bfilename%3D09E01232_donlod.pdf, diakses pada 29 Januari 2018.

Mawardah, dkk., Relationship Between Active Coping With Parenting Stress In Mother Of Mentally Retarded Child, 2012, tersedia dalam https://media.neliti.com/media/publications/61891-ID-relationship%0A%09between-active-coping-with.pd%0A, diakses pada 15 Februari 2018.

Napolion, K., Pengalaman Keluarga Dalam Merawat Anak Tuna Grahita, 2010, tersedia dalam http://lib.ui.ac.id/file?file =digital/20282858T%20Kens%20Na polion.pdf, diakses pada 31 Januari 2018.

Nasir & Muhith, Dasar-dasar Keperawatan Jiwa: Pengantar dan Teori, Jakarta: Salemba Medika; 2011.

Ningsih, Inilah Perkembangan Data Kependudukan Kota Tasikmalaya, 2017, tersedia dalam www.cakrawalamedia.co.id/inilah-perkembangan-data-%09ke pendudukan-kota-tasikmalaya, diakses pada 16 Februari 2018.

Notoatmodjo, Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta; 2014.

Pozo, dkk., Psychological Adaptation in Parents of Children, 2011, tersedia dalam https://cdn.intechopen.com/pdfs-wm/20034.pdf, diakses pada 15 Februari 2018.

Primadi, Situasi Penyandang Disabilitas, 2014, tersedia dalam https://doi.org/ 10.1007/s13398-014-0173-7.2, diakses pada 20 Februari 2018.

Purwandari, Gambaran Tingkat Stres Orang Tua Dengan Anak Tuna Grahita Dan Tuna Daksa Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Medan Tahun 2013, tersedia dalam https://slavestore.123dok.com/cdn/disk1_slv191_id_pdf/2016/11_09/147 868015414927, diakses pada 27 Juli 2018.

Ramadhany, dkk., Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Pengasuhan Pada Ibu Yang Memiliki Anak Tunagrahita Di SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi, 2017, tersedia dalam http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/agro/article/ download/1802/pdf, diakses pada 27 Juli 2018.

Ramanda, Dinamika Penerimaan Ibu Terhadap Anak Tuna Grahita, 2008, tersedia dalam http://repository.uinjkt.ac.id/ dspace/bitstream/123456789/244 91/ %09 1/AJENG NIDAR RAMANDA-PSI.pdf, diakses pada 3 Maret 2018.

Ramawati, D., Kemampuan Perawatan Diri Anak Tuna Grahita Berdasarkan Faktor Eksternal Dan Internal Anak, Jurnal Keperawatan Indonesia; 2012, tersedia dalam http://jki.ui.ac.id/index.php/jki/article/viewFile/32/32, diakses pada 27 Juli 2018.

Saryono, Kumpulan Instrumen Penelitian Kesehatan, Yogyakarta: Nuha Medika; 2011.

Sensus Penduduk, Penyandang Disabilitas Pada Anak, 2014, tersedia dalam https://mailattachment.googleusercontent.com/ attachment/u/0/?ui=2&ik=8%09f0df49bd5%09&vie, diakses pada 20 Februari 2018.

Sinungan, Gambaran Penerimaan Orang Tua yang Memiliki Anak Adhd (Attention Deficit Hyperactivity Disorder ) Di Jakarta Barat, 2012, tersedia dalam http://eprints.binus.ac.id/14435/1/2012-1-00567-PS abstrak.pdf, diakses pada 07 Februari 2018.

Siregar, Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Bagi Anak, 2017, tersedia dalam http://ojs.uma.ac.id/index.php/ jppuma/article/view/548, diakses pada 18 April 2018.

Sunaryo, Psikologi Untuk Keperawatan, Ed.2, Jakarta: EGC; 2014.

Susanandari., Gambaran Penyesuaian Diri, 2009, tersedia dalam http://lib.ui .ac.id/file?file=digital/124601-649.1DWIgGambaran penyesuaianpendahulu an.pdf diakses pada 15 Februari 2018.

Rahayu, Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dan Konsep Diri Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gamping Tahun 2015/2016, 2016, tersedia dalam http://repository.upy.ac.id/1157/1/Artikel.pdf, diakses pada 18 April 2018.

Tim Dapodikbud., Sekolah Kita, terdapat dalam http://sekolah.data.kemdik bud.go.id/, diakses pada 16 April 2018.

Wardhani, dkk., Hubungan Antara “Personal Adjustment” dengan Penerimaan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Pada Ibu Yang Memiliki Anak Berkebutuhan

Khusus Di RSUD X, 2012, tersedia dalam http://proceeding.u nisba.ac.id/index.php/sosial/article/download/204/pdf, diakses pada 15 Februari 2018.




DOI: https://doi.org/10.37598/jukema.v5i1.700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.