Analisis Faktor yang Mempengaruhi Intensi Keluarga dalam Pencegahan Diare pada Balita di Kecamatan Batee Kabupaten Pidie

Junaidi Junaidi, Abubakar A.Y., Suyanta S.

Abstract


Latar Belakang: Bayi dan balita merupakan penderita diare paling banyak dan masih menjadi penyumbang utama ketiga angka kesakitan dan kematian anak di negara berkembang termasuk Indonesia. Pada tahun 2016, angka kejadian diare di Kabupaten Pidie tertinggi di Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor yang mempengaruhi intensi keluarga dalam pencegahan diare pada balita di Kecamatan Batee Kabupaten Pidie. Metode: Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 367 orang, dengan jumlah sampel 79 responden yang dipilih menggunakan metode proportional random sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket, uji statistik yang digunakan pada analisa bivariat berupa regresi logistik sederhana (simple logistic regression), sedangkan analisa multivariat menggunakan uji regresi logistik berganda (multiple logistic regression analysis). Hasil: penelitian memperlihatkan bahwa terdapat hubungan sikap (p = 0,001), norma subjektif  (p = 0,001), dan pengendalian perilaku (p = 0,001) terhadap intensi keluarga dalam pencegahan diare pada balita. Terdapat hubungan secara bersama–sama antara sikap, norma subjektif, dan pengendalian perilaku terhadap intensi keluarga dalam pencegahan diare pada balita, akan tetapi pengendalian perilaku memiliki hubungan yang paling dominan di antara ketiga komponen Theory of Planned Behavior tersebut. Kesimpulan: Perilaku ibu tentang pencegahan diare tidak saja terbatas pada intensi, akan tetapi pemahaman yang lebih baik tentang pencegahan dan bahaya diare serta peningkatan efikasi diri keluarga diharapkan mampu meningkatkan upaya pencegahan diare pada balita.


Full Text:

PDF

References


Adam H, Nur Afni N., Pengaruh Penyuluhan Kesehatan terhadap Pengetahuan Ibu tentang Penanganan Penyakit Diare pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Global Limboto Kabupaten Gorontalo Tahun 2012, Skripsi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan Unversitas Negeri Gorontalo, 2013.

Ajzen I., Attitudes, Personality and Behaviour, 2ⁿᵈ edition, New York: Open University Press, 2005.

Ajzen I., Constructing a Theory of Planned Behavior Questionnaire: Conceptual and Methodological Considerations [Internet], Available from: people.umass.edu/ajzen/pdf/tpbmeasurement.pdf, 2006.

Albery IP, Munafo M., Psikologi Kesehatan, Panduan Lengkap dan Komprehensif Bagi Studi Psikologi Kesehatan, Mitra Setia, 2011: 73&80.

Caruso B, Stephenson R, Leon J., Maternal Behavior and Experience, Careaccess, and Agency as Determinants of Child Diarrhea in Bolivia, Revista Panamericana De Salud Publica, 2010.

Conner M, Lawton R, Parker D, Chorlton K, Manstead A, Stradling S., Application of the Theory of Planned Behaviour to the Prediction of Objectively Assessed Breaking of Posted Speed Limits, British Journal of Psychology, 2007.

Dinkes. Aceh, Profil Kesehatan Aceh Tahun 2016, Banda Aceh, 2017.

Dinkes Pidie, Profil Kesehatan Kabupaten Pidie 2016, Sigli, 2017.

Fishbein M, Ajzen I., Belief, Attitude, Intention, and Behavior: an Introduction to Theory and Research, Addison-Wesley Publishing Company Inc, Menlo Park, California, 2005.

Kemenkes. R.I., Buku Saku Kesehatan Petugas: Lima Langkah Tuntaskan Diare, Jakarta: Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, 2011.

Kemenkes. R.I., Riset Kesehatan Dasar, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2013.

Kemenkes. R.I., Profil Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit 2015, Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2015.

Rospita, Tahlil T., Mulyadi, Upaya Pencegahan Diare pada Keluarga dengan Balita Berdasarkan Pendekatan Planned Behavior Theory, Tesis, Magister Keperawatan, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 2017.

UNICEF, WHO (2009) Diarrhoea: Why Children are Still Dying and What can be Done, Geneva, 2011.

Yogatama L. A. M., Analisis Pengaruh Attitude, Subjective Norm, dan Perceived Behavior Control terhadap Intensi Penggunaan Helm Saat Mengendarai Motor pada Remaja dan Dewasa Muda di Jakarta Selatan, Proceeding PESAT, Fakultas Psikologi Universitas Atmajaya, Jakarta, 2013.




DOI: https://doi.org/10.37598/jukema.v3i2.666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.