Analisis Peran Bidan dalam Pelaksanaan Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Bayi dan Balita di Puskesmas Batoh Kota Banda Aceh

Nuraini Nuraini, Defriman Djafari, Sri Rahayu Sanusi

Abstract


Latar belakang: Balita dan anak usia prasekolah merupakan masa emas perkembangan anak oleh karena itu perlu perhatian lebih dalam akan penilaian terhadap stimulasi deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang (SDIDTK). Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data ini menggunakan metode content analisis isi yaitu pengumpulan data, reduksi, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai peran bidan dalam pelaksanaan SDIDTK pada bayi dan balita di wilayah Puskesmas Kota Banda Aceh. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi buku Kesehatan Ibu dan Anak dan Kartu Menuju Sehat. Subjeknya adalah kepala puskesmas, bidan, kader dan kepala program Dinas Kesehatan ota Banda Aceh. Hasil: Didapatkan bahwa hanya sebagian bidan mampu dan mau melaksanakan SDIDTK di posyandu dan puskesmas. Kunjungan bayi dan balita di posyandu dalam pelaksanaan SDIDTK sudah ada, namun masih kurang terpenuhi secara optimal. Pelayanan minimal bidan dalam pelaksanaan SDIDTK selama ini diberikan masih kurang memadai, karena hanya beberapa aspek baru dilaksanakan. Bidan baru mempunyai rencana untuk melakukan penyuluhan kepada ibu-ibu, kader kesehatan, dan juga tokoh masyarakat tentang SDIDTK. Kesimpulan: Pemerintah diharapkan dapat meningkatkan sarana prasarana yang terkait dengan pelaksanaan SDIDTK, melakukan evaluasi keefektifan strategi, memberikan bekal pengetahuan pada pihak-pihak lain yang berperan tentang SDIDTK, membuat format Kuisioner Pra Skrinning Perkembangan yang lebih mudah penilaianya serta adanya evaluasi dan tindak lanjut setiap setahun sekali agar adanya perubahan dan pembaharuan dalam melakukan SDITDK.


Full Text:

PDF

References


Sulistyawati, Ari, Deteksi Tumbuh Kembang Anak, Jakarta: Salemba Medika; 2014.

Hidayat, A. A., Pengantar Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan, Jakarta: Salemba Medika; 2009.

Kementrian Kesehatan RI., Instrumen Stimulasi Deteksi Dini Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak, Jakarta: Kemkes RI; 2012.

WHO, UNICEF, UNFPA, Estimates T. W. B., Trends in Maternal Mortalty 1990-2010, Geneva: WHO; 2010.

Dinkes Kota Banda Aceh, Data Dinkes Kota Banda Aceh; 2016.

Wibowo, Metode Riset Bisnis, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama; 2014.

Atmarina, Diah, ‘Peran Tenaga Kesehatan dalam Implementasi Kebijakan Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Kabupaten Pekalongan’, 2011 Tersedia dari: uns.ac.id. digilib.uns.ac.id.

Soepardan, Suryani, Konsep Kebidanan, Jakarta: EGC; 2007.

Kementrian Kesehatan RI., Pedoman Pelaksanaan Stimuasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar, Jakarta; 2010.

Handoko, Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku, Edisi pertama, Pustaka Pelajar: Yogyakarta; 2008.

Wijono, Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, University Surabay: Arlangga; 1997.

Van de Ban, A.W., Penyuluhan Pertanian, Yogyakarta: Kanisus; 1999.




DOI: https://doi.org/10.37598/jukema.v3i2.664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office
JUKEMA (Jurnal Kesehatan Masyarakat Aceh)
Pusat Kajian dan Penelitian Kesehatan Masyarakat (PKPKM)
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh 
Jln. Kampus Muhammadiyah No. 91, Batoh, Lueng Bata, Banda Aceh, Aceh, Indonesia
Email: jurnal.jukema@unmuha.ac.id