Analisis Faktor Kepatuhan Tenaga Medis Puskesmas dalam Penulisan Resep Obat Berbasis Formularium Nasional di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar

Rita Mutia, Ede Surya Darmawan, Asnawi Abdullah

Abstract


Latar Belakang: Formularium obat merupakan pedoman penggunaan obat secara rasional yang diresepkan kepada pasien. Namun faktanya masih ada obat yang tidak sesuai dengan stadar formularium nasional (fornas) dalam resep obat yang diberikan oleh dokter kepada pasien. Di Kabupaten Aceh Besar penggunaan obat di luar fornas sebanyak 80% artinya masih tingginya pemakaian obat di luar fornas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepatuhan dokter puskesmas dalam penulisan resep obat berbasis formularium nasional. Metode: Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan desain cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga medis puskesmas (dokter umum dan dokter gigi) sebanyak 87 orang. Sampel yang digunakan adalah total sampling dan sampel resep sebanyak 870 resep. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui wawancara. Hasil: Ada hubungan antara Pengetahuan (P = 0,028), Informasi (P = 0,0001), dan Beban Kerja (P = 0,005) dengan Kepatuhan Dokter dalam penulisan resep obat berbasis fornas. Berdasarkan analisis multivariat diperoleh hasil bahwa Informasi merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap Kepatuhan Dokter dalam penulisan resep obat berbasis fornas (P = 0,0001 dan OR: 9,20). Kesimpulan: Kepada kepala puskesmas agar berupaya meningkatkan kepatuhan tenaga medis dalam penulisan resep obat sesuai formularium dan mengadakan evaluasi terhadap penulisan resep sesuai dengan formularium atau tidak.

Full Text:

PDF

References


Boksef., Drugs Formularies-Goog or Evil, A View From EEC, Cardiology, New Jersey :John Wiley & Sons; 2011.

Fitriani S., Darmawansyah M., Yusri A., Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Dokter dalam Menuliskan Resep Sesuai Formularium di RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Tahun 2014, Jurnal Administrasi Kesehatan FKM Universitas Hasanuddin, Yogyakarta: UGM Press; 2014.

Green & Kreuters., Manajemen Pemasaran dalam Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian VII, Jakarta: Erlangga; 1991.

Hastuty N.W., Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kepatuhan Dokter Spesialis dalam Penulisan Resep Sesuai Formularium di Instalasi Rawat JRSUD Kota Semarang [Tesis], Semarang; 2012

Kemenkes R.I., Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat; 2014.

Kemenkes., Kemenkes R.I., Nomor HK.02.02/ MENKES/ 523/ 2015 tentang Formularium Nasional, Jakarta: Kemenkes RI; 2015.

Mahfodhoh S., Thinni N.R., Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Penulisan Resep Sesuai Fornas, Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia; Vol. 3, no. 1, Januari-Juni 2015.

Michtalik H.J., et al., Impact of Attending Physician Workload on Patient Care: A Survey of Hospitalists, JAMA Intern Medicine 173(5): 375–377; 2013.

Niven N., Psikologi Kesehatan Keperawatan Pengantar untuk Perawat dan Profesional Kesehatan lain, Jakarta: EGC; 2002.

Tedaus A., Faktor-Faktor Internal dan Eksternal yang Berpengaruh terhadap Kepatuhan Dokter Dalam Menulis Resep Pasien Rawat Jalan Berdasarkan Tjay., Edukasi Implementasi Kebijakan Kewajiban Menuliskan Resep Obat Generik di RSU Banjarmasin, Banjarmasin: Dinkes; 2002.

Turban E., Mc. Lean., E. Wetherbe J., Information Technology for Management Transforming Organization in the Digital Economy, Jhon Wiley and Sons; 2004.

Tjay., Edukasi Implementasi Kebijakan Kewajiban Menuliskan Resep Obat Generik di RSU Banjarmasin, Banjarmasin: Dinkes; 2002.

Wambrauw J., Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketidakpatuhan Dokter dalam Penulisan Resep Sesuai dengan Formularium Rumah Sakit Umum R.A. Kartini Jepara Tahun 2006 [Tesis], Semarang: Universitas Diponegoro; 2006.

Wibowo A., Metodologi Penelitian Praktis Bidang Kesehatan, Jakarta: PT. Raja Grafindo; 2014.

World Health Organization, Taking the Pulse of Policy Implementation Assessment Tool, Washinton: DC; 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Pusat Kajian dan Penelitian Kesehatan Masyarakat (PKPKM)

Gedung Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Lantai II, Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) 

Jl. Muhammadiyah No.93, Bathoh, Lueng Bata, Banda Aceh, Aceh.             

Telp. (0651) 31054, Fax. (0651) 31053.

Email: jukema@fkm.unmuha.ac.id atau jukemaunmuha@gmail.com  

Website: http://pps-unmuha.ac.id/pusat-kajian-dan-penelitian-kesehatan-masyarakat/