Motivasi Berhenti Merokok pada Pelanggan Warung Kopi di Banda Aceh

Raudhatul Jannah, Asnawi Abdullah, Said Usman

Abstract


Latar Belakang: Sekitar 12,7% kematian di Indonesia disebabkan merokok. Namun ironinya jumlah perokok cenderung naik dan di Aceh prevalensi merokok mencapai 25,3%. Penelitian ini akan mengkaji tingkat motivasi berhenti merokok pada pelanggan warung kopi di Banda Aceh. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan menggunakan desain Cross-sectional.  Populasi dalam penelitian adalah seluruh pengunjung warung kopi yang mengkonsumsi rokok secara aktif di kota Banda Aceh. Jumlah sampel sebanyak 175 orang dari 5 warung kopi teknik pengambilan sampel secara Quota Sampling. Hasil: Hasil  uji model SEM diketahui variabel yang berhubungan dengan motivasi berhenti merokok adalah variabel ekspektasi dengan nilai estimate loading factor 1,20. Variabel ekpektasi ini dipengaruhi oleh sosial dan prestasi. Variabel fisiologi dengan nilai estimate loading factor 0,32, variabel valensi dengan nilai estimate loading factor 0,04, dan  variabel maintenance tidak berhubungan dengan motivasi dimana nilai estimate loading factor 0,13. Kesimpulan: Variabel yang berhubungan dengan motivasi berhenti merokok hanya variabel ekspektasi, sedangkan variabel lain: maintenance, sosial dan valensi tidak berhubungan motivasi berhenti merokok. Saran: Disarankan kepada Provinsi Aceh agar dapat mengeluarkan regulasi Qanun Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di setiap wilayah khususnya wilayah Banda Aceh dengan memperluas wilayah KTR di tempat-tempat umum khususnya warung kopi yang ada di Banda Aceh.


Full Text:

PDF

References


Tandra H. Merokok dan kesehatan. Jurnal Spectrum. 2003(61).

Aceh DK. Riskesdas Provonsi Aceh Tahun 2013. Banda Aceh: Dinas Kesehatan Provinsi Aceh; 2013.

Latan H. Model Persamaan Struktural: Teori dan Implementasi AMOS 21.0. Bandung: Penerbit Alfabeta; 2013.

Kumboyono. Analisis Faktor Penghambat Motivasi Berhenti Merokok Berdasarkan Health Belief Model pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Keperawatan Soedirman (JKS). 2011;6(1):1-8.

Sztompka P. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta : Prenada. 2007.

Muntiarini S. Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Motivasi Berhenti Merokok pada Remaja Putra di MAN Kota Blitar. Jurnal Psikologi 231 (2016): 1-12.

Perwitasari R. Motivasi Dan Perilaku Merokok Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Internal Locus Of Control Dan External Locus Of Control (Penelitian Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Tahun 2005/2006). Jurnal Psikologi Undip 82 (2006): 135-144. 2006.

Tjahjono KH. Perbandingan Equity Theory, Goal Setting Theory Dan Expectancy Theory; Tinjauan Psikologi Kognitif. article, di-download dari. 2011.

Rosemary R. Antara motivasi dan tantangan berhenti merokok (studi kasus mahasiswa di Banda Aceh). Jurnal Komunikologi (Ilmu Komunikasi). 2013;10(1).

Gedicks FM. Motivation, Rationality, and Secular Purpose in Establishment Clause Review. Ariz St LJ. 1985:677.

Brahmasari IA, Agus Suprayetno Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship). 2009;10(2):pp. 124-35.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Pusat Kajian dan Penelitian Kesehatan Masyarakat (PKPKM)

Gedung Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Lantai II, Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) 

Jl. Muhammadiyah No.93, Bathoh, Lueng Bata, Banda Aceh, Aceh.             

Telp. (0651) 31054, Fax. (0651) 31053.

Email: jukema@fkm.unmuha.ac.id atau jukemaunmuha@gmail.com  

Website: http://pps-unmuha.ac.id/pusat-kajian-dan-penelitian-kesehatan-masyarakat/