Efektivitas Media Promosi Leaflet terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil tentang Inisiasi Menyusu Dini di Kabupaten Pidie

Musri Musri, Hafnidar A. Rani, Nizam Ismail

Abstract


Latar Belakang: ASI merupakan makanan satu-satunya yang dianjurkan dan terbaik murah dan mudah diperoleh untuk bayi usia 0-6 bulan. Persentase menyusu kurang dari 1 jam pertama (Inisiasi Menyusui Dini atau IMD) di Kecamatan Mila Kabupaten Pidie baru mencapai 62,6% yang masih jauh dari target yang ditetapkan yaitu 80%. Penelitian ini bertujuan menilai efektivitas media promosi kesehatan melalui leaflet dalam perubahan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang IMD. Metode: Eksperimental dengan menggunakan desain pretest dan post test controlled trial.  Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil dengan usia kehamilan ≥4 bulan di Kecamatan Mila sebanyak 25 orang sebagai kasus (intervensi dengan leaflet) dan sebagai kontrol sebanyak 25 orang (tanpa intervensi). Total sampel sebanyak 50 orang dikumpulkan melalui teknik simple random sampling. Hasil: Hasil uji dengan menggunakan dependen t-tes diketahui terdapat perbedaan pengetahuan ibu hamil (p-value 0,001) dan sikap ibu hamil terhadap IMD (p-value 0,001) akibat pemberian leaflet IMD antara sebelum dan sesudah diberikan leaflet. Kesimpulan: Ada peningkatan pengetahuan ibu dan sikap ibu sebelum dan sesudah diberi leaflet. Pengetahuan dan sikap ibu pada kelompok yang diberikan leaflet lebih tinggi bila dibandingkan dengan kelompok kontrol. Saran: Disarankan kepada bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie agar menerapkan promosi kesehatan dengan menggunakan leaflet dalam upaya peningkatan pengetahuan dan sikap masyarakat khususnya ibu hamil terhadap inisiasi menyusu dini.

Full Text:

PDF

References


Kemenkes. Peraturan Pemerintah No 33 Tahun 2012 tentang Pedoman Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif. Jakarta: Kemenkes RI; 2012.

Roesli U. Panduan Inisiasi Menyusu Dini Plus ASI Eksklusif. Jakarta: Pustaka Bunda; 2012.

Kemenkes. Dukung Ibu Bekerja Beri Asi Eksklusif. 2015.

Purwanti S. Peran Leaflet ASI Ekslusif terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Asi Ekslusif Dan Motivasi Untuk Menyusui Secara Ekslusif Di Bps Ny. Djuwedah Kebasen Kabupaten Banyumas. Jurnal Bidan Prada. 2011;2(01).

Suhertusi BN, Emi. Pengaruh Media Promosi Kesehatan tentang ASI Eksklusif terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Begalung Padang Tahun 2014. Jurnal Kesehatan Andalas. 2015;4(1).

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan: Rineka Cipta; 2012.

Mubarak WI CN, Rozikin K,Suoradi. Promosi Kesehatan; Sebuah Pengantar Proses Belajar Mngajar dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2007.

Ng E, Omariba DWR. Health literacy and Immigrants in Canada: Determinants and Effects on Health outcomes: Canadian Council on Learning; 2010.

Syecha PN. Hubungan Akses Informasi Kesehatan Dengan Health Literacy Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Skripsi, Fakultas Kesehatan. 2016.

Emilia RC. Pengaruh Promosi ASI Eksklusif terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil di Mukim Laure-E Kecamatan Simeulue Tengah Kabupaten Simeulue (NAD) tahun 2008. Medan: Universitas Sumatera Utara; 2008.

Azwar S. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya Edisi 2. Jakarta: Graha Ilmu; 2010.

Widiyanto S, Aviyanti D. Hubungan Pendidikan dan Pengetahuan Ibu Tentang ASI Eksklusif dengan Sikap terhadap Pemberian Asi Eksklusif. Jurnal Kedokteran Muhammadiyah. 2012;1(1).

Lestari D, Zuraida R, Larasati T. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Air Susu Ibu dan Pekerjaan Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif di Kelurahan Fajar Bulan. Majority. 2013;2(4).

Karmila M. Sikap Ibu Hamil Tm Iii dalam Melaksanakan Inisiasi Menyusui Dini (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Japanan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Jurnal Kebidanan. 2011;1(1).




DOI: https://doi.org/10.37598/jukema.v3i1.624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.