Impementasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Islami terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Meuraxa

Nova Perdana, Hermansyah Hermansyah, Ede Surya Darmawan

Abstract


Latar Belakang:  Rumah sakit sebagai industri jasa pelayanan kesehatan saat ini mengalami persaingan yang ketat dengan semakin mudahnya perizinan pendirian rumah sakit swasta. Lokasinya pun saat ini sudah tidak lagi mempertimbangkan jarak. Sehingga persaingan sangat mengandalkan kualitas pelayanan, biaya perawatan dan tenaga medis yang ditawarkan. Dampak dari persaingan ketat ini rumah sakit dituntut untuk membuat inovasi dan strategi untuk mendapatkan pasien. Mutu pelayanan rumah sakit menjadi sangat lah penting. Salah satunya dengan mengembangkan metode pelayanan yang berbasis Islami. Sejak tahun 2015 RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh menerapkan pelayanan kesehatan secara Islami  guna  untuk  meningkatkan  mutu pelayanan  kepada  masyarakat,  hal  ini  sejalan dengan penerapan Syariat Islam di Aceh. Metode: Penelitian analitik dengan desain cross-sectional ini dilakukan wawancara menggunakan kuesioner, dari tanggal 25 November-5 Desember 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang dirawat di 10 ruang rawat inap RSUD Meuraxa. Dengan jumlah sampel 90 orang dengan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan uji chi-square dan uji regresi logistik untuk mengetahui nilai OR. Hasil: Diperoleh bahwa implementasi konsep pelayanan berbasis Islami (55,6%) sedangkan tingkat kepuasan pasien (56,7%). Hasil uji statistik diperoleh ada hubungan antara implementasi konsep pelayanan berbasis Islami dengan kepuasan pasien di RSUD Meuraxa (p-value = 0,013). Nilai Odd Ratio = 2,9 dengan CI= 1,2-6,8. Kesimpulan: Implementasi konsep pelayanan kesehatan berbasis Islami berhubungan terhadap kepuasan pasien di RSUD Meuraxa.

Full Text:

PDF

References


Hadits hasan., Riwayat ar-Rawiyani, ad-Daruquthni, al-Baihaqi, adh-Dhiya’

Abubakar A.Y., Syari'at Islam Di Prov.Naggroe Aceh Darussalam: Paradigma, Kebijakan dan Kegiatan Banda Aceh: Dinas Syariat Islam NAD; 2008.

Babbie E.R., The Practice of Social Research, Cengage Learning: Inc; 2010.

Barata A.A., Dasar-Dasar Pelayanan Prima Jakarta: PT. Elex Media Komputindo; 2004.

Blocher e.a., Manajemen Biaya, Jakarta: Salemba 4; 1999.

Dinkes, Profil Dinas Kesehatan Aceh Tahun 2015, 2016.

Lamsudin R., Nuansa Pelayanan Kesehatan Yang Islami di rumah Sakit Islam: Suara Muhammadiyah; 2002 [cited 2016 28 Mei]. Available from: http://directory.umm.ac.id/Suara_Muhammadiyah/SM_20_02/Nuansa%20Pelayanan%20%20Kesehatan%20yang%20Islami.doc.

Muchtarom M., Peranan Rumah Sakit Islam Dalam Menyongsong Kesehatan Bagi Semua di Tahun 2000, Jakarta: Rajawali; 198Muhammad R.A., Revitalisasi Syariat Islam Di Aceh, Jakarta: Logos; 2003.

MUI, Muzakarah Kesehatan MUI Daerah Istimewa Aceh 1998.

Mukisi. Standar dan Instumen Sertifikasi Rumah Sakit Syariah. Jakarta: Mukisi; 2015.

Notoatmodjo S., Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: PT Rineka Cipta; 2003.

Pohan I.S., Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan, jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC; 2007.

Profil. Profil RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh Tahun 2016, Banda Aceh: RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh, 2016.

Sidabutar R.R., Hubungan Pelayanan Spiritual yang Diberikan Perawat Dengan Kepuasan Pasien Diabetes Militus, Universitas Sumatra Utara, 2013.

Winarti R., Pengaruh Asuhan Keperawatan Spiritual Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang, Universitas Diponegoro Semarang, 2016.




DOI: https://doi.org/10.37598/jukema.v3i1.621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.