Efektifitas Metode Pendidikan terhadap Perubahan Perilaku Tentang Kesehatan Gigi dan Mulut pada Murid MIN Mesjid Raya Banda Aceh

Niakurniawati Niakurniawati, Said Usman, Faisal bin Abdurrahman

Abstract


Latar belakang: Kesehatan gigi dan mulut merupakan masalah yang rentan dihadapi oleh kelompok anak usia sekolah dasar. Hasil studi pendahuluan, sekolah MIN Mesjid Raya Banda Aceh pernah melakukan penyuluhan kesehatan, tetapi penyuluhan tentang kesehatan gigi hanya dilakukan setahun sekali. Dari wawancara 17 murid didapati menderita karies, 5 murid yang memiliki pengetahuan yang baik dan masih ada murid acuh tak acuh tentang kesehatan gigi dan mulut. Penelitian ini untuk mengetahui efektifitas metode pendidikan terhadap perubahan perilaku tentang kesehatan gigi dan mulut terhadap 173 murid kelas VI, diambil secara total populasi. Pengumpulan data dan intervensi dari tanggal 2 sampai 28 September 2016 dengan menggunakan kuesioner. Metode: Desain penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan pre test post test non equivalent group design terhadap 2 kelompok yaitu kelompok intervensi yang terdiri dari metode diskusi di kelas VI A (42 murid), metode simulasi di kelas VI B (44 murid), metode demonstrasi di kelas VI C (44 murid) dan kelompok kontrol di kelas VI D (43 murid). Intervensi diberikan dua kali, rentang waktu pre test dan post test selama empat minggu. Analisis data menggunakan t-test dan oneway anova. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap pengetahuan (p=0,001), perubahan terhadap sikap (p=0,001) dan perubahan terhadap tindakan (p=0,001) tentang kesehatan gigi dan mulut. Saran: Di antara ketiga metode tersebut, ternyata metode diskusi merupakan metode yang paling efektif untuk meningkatkan perilaku tentang kesehatan gigi dan mulut. Diharapkan kerjasama pihak sekolah dengan pihak puskesmas dan dinas kesehatan dalam meningkatkan kunjungan program UKGS ke sekolah-sekolah melalui UKS dengan difokuskan pada pelayanan promotif preventif kesehatan gigi dan mulut.

Full Text:

PDF

References


WHO. Data Global Anak-Anak Sekolah di Negara Industri. Unilever 2000.

Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar (Laporan Nasional 2007). Jakarta 2007.

Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar (Laporan Nasional). Jakarta 2013.

Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar (Laporan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam). Dinas Kesehatan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam 2007.

Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar (Laporan Provinsi Aceh). Dinas Kesehatan Provinsi Aceh 2013.

Dwiati L. Pengaruh Model Pencegahan Karies Gigi dan Gingivitis Terhadap Status Kesehatan Gigi Anak Sekolah dan Efisiensi Sumber Daya Program UKGS Di Provinsi DKI Jakarta Tahun 2002. (25 Agustus 2011). 2002.

Astoeti TE, Jenie,I, Kusnoto,J. Hubungan Perilaku Terhadap Kebersihan Gigi dan Mulut Murid-Murid Sekolah Dasar Negeri DKI Jakarta Penderita Gigi Berjejal. Jurnal Kedokteran Gigi Indonesia, Universitas Indonesia, Jakarta. 2003.

Notoatmodjo S., Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta; 2007.

Pratiwi D. Gigi Sehat dan Cantik, Perawatan Praktis Sehari-hari. Jakarta: Kompas; 2009.

Notoatmodjo S., Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Budiharto., Pengantar Ilmu Perilaku Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan Gigi. Jakarta: EGC; 2009.

Zarkasi F. Belajar Cepat Dengan Diskusi, Metode Pengajaran Efektif Di Kelas. Surabaya: Indah; 2009.

Luciawaty R., Efektifitas Pendidikan Kesehatan Gigi Menggunakan Metode Ceramah Disertai Latihan Menyikat Gigi Dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, Perilaku dan Status Kebersihan Gigi Mulut Siswa Usia 7-8 Tahun Tesis, Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. 2004.




DOI: https://doi.org/10.37598/jukema.v3i1.617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.