Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Persimpangan Jalan

Ridwan Amiruddin

Abstract


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai instrumen untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat berbasis perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat. Program ini mendorong masyarakat untuk meningkatkan kemampuan kognitif, affektif, dan psikomotorik sehingga masyarakat memiliki kemampuan keberdayaan dalam mengatasi masalah kesehatan sendiri, dalam tataran rumah tangga sehingga terwujud cara pandang hidup yang benar, sikap positif terhadap nilai kesehatan dan bertindak positif terhadap pencapaian tujuan pembangunan kesehatan.

Program ini didukung oleh berbagai indikator; baik aspek perilaku maupun lingkungan di antaranya. Untuk aspek perilaku meliputi; perilaku merokok, persalinan oleh tenaga kesehatan, imunisasi, penimbangan balita, sarapan pagi, kepesertaan dana sehat, cuci tangan, menggosok gigi, dan olah raga. Pada aspek lingkungan meliputi; air bersih, jamban, tempat sampah, air limbah, ventilasi, kepadatan dan lantai rumah.

Selanjutnya PHBS lebih dikembangkan ke dalam program keluarga sehat dengan fokus pada program gizi, kesehatan ibu dan anak, penyakit menular dan tidak menular, perilaku sehat, rumah/lingkungan sehat dan kesehatan jiwa. Tentu program tersebut mempunyai tujuan mulia; tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37598/jukema.v3i1.615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.