Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Aceh di Unit Rawat Inap RSUD Aceh Barat Daya

Nelli Harisah, Asnawi Abdullah

Abstract


Latar Belakang: Program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) merupakan program berobat gratis yang dibiayai oleh pemerintah daerah untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien JKA yang berdasarkan tingkat kesesuaian nilai harapan dan nilai kenyataan terhadap dimensi kenyataan (tangible), kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Barat Daya (ABDYA). Metode: Penelitian bersifat deskriptif analitik dengan menggunakan desain cross sectional. Populasi penelitian adalah semua pasien rawat inap di RSUD ABDYA tahun 2010 yang menggunakan fasilitas JKA. Sampel diambil sebanyak 51 orang dari total populasi 813 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil: Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata kepuasan pasien JKA terhadap pelayanan RSUD ABDYA di unit rawat inapnya adalah dengan tingkat kesesuaian 71.8% atau puas. Kesimpulan: Hal ini membuktikan bahwa secara keseluruhan berdasarkan variabel-variabel yang diteliti, rata-rata pasien rawat inap RSUD ABDYA ini puas terhadap pelayanan yang diterimanya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37598/jukema.v2i1.554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.