Kepuasan Pasien Rawat Inap Wanita terhadap Pelayanan Jaminan Kesehatan Aceh di Rumah Sakit Umum Meuraxa Banda Aceh

Ayu Rozanna, Amri Kiflan

Abstract


Latar Belakang: Penelitian ini ditujukan  untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa bagi peserta Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) kota Banda Aceh. Metode: Penelitian lapangan dilaksanakan pada Juli-Agustus 2011 dengan melibatkan semua peserta JKA yang dirawat di ruang rawat inap penyakit dalam wanita RSUD Meuraxa. Populasi penelitian berjumlah 393 orang. Sampel sebanyak 43 responden diperoleh berdasarkan perhitungan dengan rumus Lameshow dan dipilih dengan purposive random sampling. Data disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik. Hasil: Penelitian ini mengindikasikan sebanyak 53.5% responden menyatakan kurang puas terhadap pelayanan JKA. Saran: Kepada pengelola RSUD Meuraxa untuk meningkatkan kualitas layanan terutama yang berkaitan dengan visitasi dokter. Kunjungan atau visit dokter telah memberikan dampak positif bagi kesehatan pasien dan merupakan salah satu solusi agar kesehatan pasien selalu dalam pengawasan petugas. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Pusat Kajian dan Penelitian Kesehatan Masyarakat (PKPKM)

Gedung Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Lantai II, Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) 

Jl. Muhammadiyah No.93, Bathoh, Lueng Bata, Banda Aceh, Aceh.             

Telp. (0651) 31054, Fax. (0651) 31053.

Email: jukema@fkm.unmuha.ac.id atau jukemaunmuha@gmail.com  

Website: http://pps-unmuha.ac.id/pusat-kajian-dan-penelitian-kesehatan-masyarakat/