PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL DAN KESESUAIAN KOMPENSASI TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy Kota Banda Aceh

Emmi Suryani Nasution, Tafiani Marunduri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Pengendalian Internal Dan Kesesuaian Kompensasi berpengaruh terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy Kota Banda Aceh). Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode survey dengan pendekatan deskriptif asosiatif. Penelitian ini dilakukan mulai bulan November 2019 sampai dengan selesai. Objek dalam penelitian ini yaitu Pengendalian Internal Dan Kesesuaian Kompensasi terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy Kota Banda Aceh). Sampel penelitian ini berjumlah 64 orang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan model regresi linier berganda dan dioalh dengan menggunakan program bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 23,0. uji t (parsial) dan uji f (simultan) pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (? = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan Pengendalian Internal Dan Kesesuaian Kompensasi berpengaruh terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy Kota Banda Aceh).

Keywords


Pengendalian Internal;Kesesuaian Kompensasi Dan Kecenderungan Kecurangan Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Adelin, F. 2012. Pengaruh Pengendalian Internal, Ketaatan Aturan Akuntansi, dan Perilaku Tidak Etis Terhadap Kecenderungan Kecurangan. Akuntansi(Studi Empiris pada BUMN di Kota Padang). Skripsi Program. Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Padang.

Albrecht, W. Steve.2014. Iconic Fraud Triangle endures. Fraud Magazine. Association of Certified Fraud Examiners, Inc. Aranta,

Baridwan, Zaki. 2011. Sistem Informasi Akuntansi, edisi kedua: BPFE. Yogyakarta

Bastian, Indra. (2010). Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Penerbit: Erlangga. Jakarta

COSO. 2012. Guidance on Monitoring Internal Control Systems, The American Institute of Certified Public Accuntant. USE.

Eddie Wibowo, dkk, 2010, Memahami Good Government Governance & Good Corporate Governace, Yayasan Pembaruan Administrasi Publik Indonesia. h. 85. Yogyakarta.

Hall, James. A. 2011. Sistem Informasi Akuntansi, Penerjemah Amir Abadi Yusuf, PT Salemba Empat, Jakarta.

Haryono, Yusuf (2011), Dasar-dasar Akuntansi. Jilid 2 Cetakan Pertama. Jakarta

Hermiyetti, 2010. Penerapan Pengendalian Internal Terhadap Pencegahan Kecurangan Pengadaan BarangJurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia Vol.14 No.2, 2010.Jakarta: STEKPI. (3, 39, 104)

Ikatan Akuntan Publik Indonesia. (2011). Standar Pemeriksaan Akuntan Publik. SA Seksi 316. Pertimbangan Atas Kecurangan Dalam Audit Laporan Keuangan.

Kumaat, 2011, Internal Audit. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kurniawati, E. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Financial. Statement Fraud dalam Perspektif Fraud. Triangle (Maret). Skripsi. Semarang.

Mahmudi. 2010. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Nordiawan. Dedi. (2010). Akuntansi Sektor Publik: Salemba Empat. Jakarta

Rahmawati, Ardiana Peni. 2012. Analisis Faktor Internal dan Moralitas Manajemen terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. Skripsi: Universitas Diponegoro.

Saftarini. 2015. Pengaruh Efektivitas Pengendalian Internal, Asimetri Informasi Dan Implementasi Good Governance Terhadap Kecenderungan Kecurangan (Fraud) Akuntansi, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Saputra, Abdi. 2013. Pengaruh sistem internal control, audit internal dan penerapan Good Corporate Governance terhadap kecurangan (Fraud) perbankan (Studi pada Bank Syariah anak Perusahaan BUMN di Medan). Riset dan Jurnal Akuntansi, Vol: 1, No. 1. Hal. 48-56. ISSN : 2548 9224.

Sekaran, Uma dan Bougie, Roger. 2013. Research Methods for Business. United Kingdom: Jhon Wiley & Sons Ltd.

Shintadevi, Farizqa, Prekanida. (2015). Pengaruh Keefektifan Pengendalian Internal, Ketaatan Aturan Akuntansi dan Kesesuaian Kompensasi terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi dengan Perilaku Tidak Etis sebagai Variabel Intervening pada Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Sugiyono, (2013). Psikologi Abnormal. Edisi Ke-9: PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Suhermadi, Eko. 2014. Pengaruh Moralitas Individu dan Pengendalian Internal terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. Skripsi: Universitas Diponegoro

Tuanakotta, Theodorus. M. 2010. Akuntansi Forensik dan AuditorInvestigatif. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPFE UI). Edisi ke 2: Jakarta

Thoyibatun, Siti. 2012. Faktor Faktor yang Berpengaruh terhadap Perilaku Tidak Etis dan Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Keuangan.Yogyakarta

Widjaja. HAW. (2013). Otonomi Daerah dan Daerah Otonom. PT Raja. Grafindo Persada. Jakarta

Wilopo. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi : Studi pada Perusahaan Publik dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia vol.9: Unversitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v10i2.846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :