PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Cut Fitrika Syawalina, Teuku Raja Harun Fahlevi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh likuiditas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap harga saham. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan makanan dan minuman yang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sensus. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 36 perusahaan selama 3 tahun pengamatan. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder. Pegujian hipotesis menggunakan analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) likuiditas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap harga saham (2) likuiditas secara parsial berpengaruh terhadap harga saham (3) profitabilitas secara parsial berpengaruh terhadap harga saham (4) ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh terhadap harga saham

Keywords


Likuiditas;Profitabilitas;Ukuran Perusahaan;Harga Saham

Full Text:

PDF

References


Ansofino, Jolianis, Yolamalinda, Hagi Arfilindo. 2016. Buku Ajar Ekonomika. Yogyakarta. Deepublish.

Arifin, Nitra Fitriani dan Silviana Agustami. 2016. Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, Rasio Pasar, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Subsektor Perkebunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan.

Erianti, Elsa dan Ruzikna. 2018. Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia Subsektor Kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. JOM Fisip. Vol. 5.

Fahlevi, Rido Raiza., Set Asmapane., dan Bramantika Octavianti. 2018. Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Akuntabel.

Fuad, M., Christine H., Nurlela, Sugiarto, Paulus YEF. 2006. Pengantar Bisnis. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Gani, Irwan dan Siti Amalia. 2015. Alat Analisis Data. Yogyakarta. Andi Offset.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang. Badan Penerbit Undip.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Undip.

Gujarati, D. N. 2003. Basic Economics. New York: Mc Graw. Hill Company.

Gunarsih dan Daryanto Hesti Wibowo. 2014. Analisis Likuiditas terhadap Harga Saham Perusahaan Telekomunikasi dalam Kondisi Financial Distress: Bursa Efek Indonesia 2009-2013. Jurnal Transparansi. Vol. 6. No. 2.

Harahap, Sofyan Syafri. 2007. Analisis Kritis terhadap Laporan Keuangan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Hery. 2015. Analisis Kinerja Manajemen. Jakarta. Grasindo.

Husnan, S. 2001. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN.

Jensen, Michael C dan Wiliam H Meckling. 1976. Theory of The Firm. Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics. Vol. 3 No. 4: 323-329.

Jogiyanto, Hartono. 2000. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta. BPFE.

Kasmir. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta. Rajawali Pers.

Kodrat, David Sukardi dan Kurniawan Indonanjaya. 2010. Manajemen Investasi: Pendekatan Teknikal dan Fundamental untuk Analisis Saham. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Kodriyah, K., dan Fitri A. 2017. Pengaruh Free Cash Flow dan Leverage terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Akuntansi. Vol. 3. No.2.

Mardian, Aditya Fahri dan Fauji Sanusi. 2017. Pengaruh Likuiditas terhadap Harga Saham dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening. Tirtayasa Ekonomika. Vol. 12. No.2.

Martani, Dwi., Sylvia Veronica NPS, Ratna Wardhani, Aria Farahmita, Edward Tanujaya. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah: Berbasis PSAK. Jakarta. Salemba Empat.

Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta. Kencana.

Octaviani, Santi dan Dahlia Komalasari. 2017. Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, dan Solvabilitas terhadap Harga Saham. Jurnal Akuntansi. Vol. 3. No.2.

Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta. Salemba Empat.

Samsul, Muhammad. 2006. Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Jakarta. Erlangga.

Santoso. 2010. Statistik Multivariat. Jakarta. Gramedia.

Sartono, A. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Empat. Yogyakarta: BPFE.

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta. Salemba Empat.

Simatupang, Mangasa. 2010. Pengetahuan Praktis Investasi Saham dan Dana Reksa. Jakarta. Mitra Wacana Media.

Sugiono, Arief dan Edy Untung. 2008. Panduan Praktis Dasar Analisa Laporan Keuangan. Jakarta. Grasindo.

Suwandani, Anita., Suhendro, dan Anita Wijayanti. 2017. Pengaruh Profitabilitas terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman di BEI tahun 2014-2015. Jurnal Akuntansi dan Pajak. Vol. 18. No.1.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Porpofolio dan Investasi. Yogyakarta. Kanisius.

Teguh, Muhammad. 2005. Metodologi Penelitian Ekonomi Teori dan Aplikasi. Edisi 1. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Widoatmodjo, Sawidji,. 2005. Cara Sehat Investasi di Pasar Modal. Jakarta. PT Elez Media Komputindo.

Zaki, Muhammad., Islahuddin., dan M. Shabri. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Leverage Keuangan dan Ukuran Perusahaan terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2005-2014). Jurnal Magister Akuntansi Universitas Syiah Kuala. Vol 6. No. 2




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v10i2.843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :