PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, PENGALAMAN, DAN ETIKA AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA PT MAKMUR INTI GROUP

Ajeng Indri Syahfitri, Afrizar Pane, Surya Kelana Putra, Lasmauli Dolok Saribu, Noya Andiana Ginting, Maria Wati Sitanggang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh kompetensi terhadap kualitas audit, (2) pengaruh independensi terhadap kualitas audit, (3) pengaruh pengalaman terhadap kualitas audit, (4) pengaruh etika auditor terhadap kualitas audit. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi didalam penelitian ini adalah auditor internal PT Makmur Inti Group. Teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan metode Total Sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan IBM SPSS Statistics 23.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengaruh kompetensi berpegaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit, (2) pengaruh independensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit, (3) pengaruh pengalaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit, (4) pengaruh etika auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Saran dalam penelitian ini adalah: kepada peneliti berikutnya dapat memperkuat hasil temuan ini dengan melakukan perbaikan dalam metode survey. Dalam proses pengumpulan data ada baiknya peneliti memberikan pengantar dan cara mengisian kuesioner dengan lebih baik. Hal ini untuk menghindari responden menjawab tanpa mengerti petunjuk pengisian kuesioner

Keywords


Kompetensi, Independensi, Pengalaman, Etika Auditor, Kualitas Audit

Full Text:

PDF

References


Ahson, Umar & Anadarajan, Asoka. 2004. Auditor’s independence of judgment under pressure. Internal auditing.

Arens, Et, Al. 2011. Jasa Audit Dan Assurance, Pendekatan Terpadu. Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

Ayu Priyansari, dan Natalistyo TAH. Jurnal. Pengaruh Kompetensi, Independensi Dan Etika Auditor Terhadap Kualitas Audit. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Ayu Dewi Riharna Najib, Arifuddin, & Asri Usman. Jurnal. Pengaruh Keahlian, Independensi, Etika Terhadap Kualitas Audit.

Alim M,Nizarul., Trisna Hapsari, & Liliek Purnawanti. 2007. Jurnal. Pengaruh Kompetensi Dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Sebagai Variabel Moderasi.

Bawono, I.R., & Singgih, E. M. 2010. Faktor-faktor dalam Diri Auditor dan Kualitas Audit (Studi pada KAP Big Four di Indonesia). Jurnal Nasional Akuntansi XIII Purwokerto, Universitas Jendral Soedirman Purwokerto.

Christiawan. 2002. Kompetensi Dan Independesi Akuntan Publik : Refleksi Hasil Penelitian Empiris. Jurnal Akuntansi & Keuangan.

Dr. Dedi, Rianto. 2010. Manajeman Kinerja Sumber Daya Manusia. Tunggal Mandiri Publishing. Malang.

Elfarini. 2007. Jurnal. Pengaruh Kompetensi Dan Independensi Auditor Terdapat Kualitas Audit.

Herliansyah, Yudhi. Meifida Ilyas. 2006. Jurnal. Pengaruh Pengalaman Auditor Terhadap Penggunaan Bukti Tidak Relevan Dalam Auditor Judgment. SNA IX. Padang.

Halim, Abdul. 2008. Auditing. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

IAI. 2001. Standar Profesional Akuntan Publik, Salemba Empat.

Prof. Dr. H. Imam Ghazali, M.Com, Akt. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21.Badan Penerbit Universitas Diponogoro. Semarang

Irence Patricia Elisha Rumengan & Sri Rahayu. Jurnal. Pengaruh Kompetensi Dan Independensi, Pengalaman Kerja Terhadap Kualitas Audit. Universitas Telkom.

K, Bertens. 2011. Etika. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Kasidi. 2007. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terhadap Auditor. Tesis. Semarang : Program Pascasarjana Magister Sains Akuntansi. Universitas Diponegoro

KBBI. 2015. PT Gramedia Pustaka Utama. Cetakan IV 2015. Jakarta

Kharismatuti, 2012. Jurnal. Pengaruh Kompetensi Dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Sebagai Variabel Moderasi.

Lilis Ardini. 2010. Jurnal. Pengaruh Kompetensi, Independensi, Akuntabilitas Dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit. Majalah Ekonomi, Tahun XX No. 3 Desember 2010.

Lee, T.A. 1993. Comporate Audit Theory. London: Chapman & Hall

LOMA. 1993. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. Tunggal Mandiri Publishing. Cetakan 1. Malang.

Lyle, M.S & Signe, M.S. 1993. Manajemen Kinerja SUmber daya manusia. Tunggal mandiri Publishing. Cetakan 1. Malang.

Mathius Tandiontong. 2016. Kualitas Audit Dan Pengukurannya. Alfabeta. Bandung.

Makmur Inti Group. 2018. Company Profile.

Mautz, R.K dan H.A, Sharaf. 1961. The Philoshopy Of Auditing. Sorasota, Florida: America Accounting Association.

Mulyadi, 2008. Sistem Akuntansi. Salemba Empat. Jakarta.

Rahmadi Murwanto, Et, Al. Audit Sector Publik. LPKPAP. Departemen Keuangan RI.

Rai, Agung.2008. Audit Kinerja Pada Sector Public. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Saifuddin. 2004. Pengaruh Kompetensi Dan Indenpendesi Terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Kuasiekperimen Pada Auditor Dan Mahasiswa). Semarang. Tesis Undip.

Suraida, Ida. 2005. Jurnal. Pengaruh Etika, Kompetensi, Pengalaman Audit Dan Risiko Audit Terhadap Skeptisme Professional Auditor Dan Ketepatan Pemberian Opini Akuntan Public. Sosiohumaniora, Vol. 7, No 3, November, 186-202

Sari, Ricca Rosalina. (2012). Jurnal. Pengaruh Kompetensi Dan Independensi Auditor terhadap Kualitas Audit. Juraksi Vol.1 No.2 Februari 2012, Universitas Semarang.

Samsi, N. 2013. Jurnal. Pengalaman Kerja, Independensi Dan Kompetensi Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi.

Sri Lastanti, Hexane. 2005. Tinjauan Terhadap Kompetensi Dan Independensi Akuntan Publik:Refleksi Atas Skandal Keuangan. Media Riset Akuntansi, Auditing Dan Informasi Vol 5 No 1april 2005. Hal 85-97.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. ISBN :979-8433-02-5. Bandung.

Titin Rahayu, & Bambang Suryono. 2016. Jurnal. Pengaruh Independensi Auditor, Etika Auditor Dan Pengalaman Auditor Terhadap Kualitas Audit. ISSN : 2460-0585. STIESIA Surabaya.

Winda Kurnia, Khomsiyah Dan Sofie. 2014. Jurnal. Pengaruh Kompetensi Dan Independensi, Tekanan Waktu Dan Etika Auditor Terhadap Kualitas Audit. ISSN : 2339-0832. Volume 1 No. 2 September 2014. .

Watkins, Et, Al. 2004. Audit Quality; A Synthetic Of Theory And Empirical Evindece.

www.ejurnal.com/2014/03/faktor-faktor-yang-mempengaruhi_5340.html?m=1. Search 15 Julil 2018

www.bisnistempo.co.id/kasuskai/2006. Search 29 April 2018




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v9i2.683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :