ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK BRI KCP MEUREUDU DAN BANK ACEH CABANG MEUREUDU TAHUN 2016 (Studi Kasus Pada Bank BRI dan Bank Aceh Cabang Meureudu)

Zulkifli Umar, Mauliatun Mauliatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbandingan kinerja keuangan Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Meureudu dengan kinerja keuangan Bank Aceh Cabang Meureudu periode 2016. Metode penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan data yang digunakan adalah laporan keuangan. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis CAMEL yang digunakan untuk menilai tingkat kesehatan bank berdasarkan permodalan, kualitas aktiva produktif (KAP), manajemen, rentabilitas, dan likuiditas. Sedangkan objek penelitian ini adalah laporan keuangan periode tahun 2016 Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Meureude dan laporan keuangan periode tahun 2016 Bank Aceh Cabang Meureudu. Hasil penelitian menunjukkan kinerja keuangan kedua bank berada pada kategori sehat. Secara keseluruhan, berdasarkan rasio CAMEL diketahui bahwa kinerja keuangan Bank Aceh Cabang Meureudu sedikit lebih baik bila dibandingkan dengan kinerja keuangan Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Meureudu.


Keywords


kinerja keuangan, kesehatan keuangan, Bank BRI, Bank Aceh, CAMEL

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Faisal, 2015. Manajemen Perbankan. Edisi 5, UMM Press: Malang.

Bank Aceh Cabang Meureudu, 2017. Laporan Keuangan Tahun 2016.

Bank BRI KCP Meureudu, 2017. Laporan Keuangan Tahun 2016.

Christian, Yuli, 2009. Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Bank Umum Pemerintah Dan Bank Umum Nasional Dengan Menggunakan Rasio Keuangan Periode 2003-2007, Skripsi Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Dendawijaya, Lukman, 2013. Manajemen Perbankan. Edisi 2, Ghalia Indonesia: Bogor.

Handayani, Puspita Sari, 2005. Analisis Perbandingan Kinerja Bank Nasional, Bank Campuran, dan Bank Asing Dengan Menggunakan Rasio Keuangan, Tesis Universitas Diponegoro: Semarang.

Harahap, Sofyan Syafri, 2013. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Edisi 11, PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2009. Standar Akuntansi Keuangan, Salemba Empat: Jakarta.

Kasmir, 2012. Analisis Laporan Keuangan, PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Krisna, Yansen, 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Capital Adequacy Ratio (Studi Pada Bank-bank Umum di Indonesia Periode Tahun 2003-2006), Tesis Universitas Diponegoro: Semarang.

Peraturan Bank Indonesia, 2012. Tentang Transparansi dan Publikasi Laporan Bank, No. 14/14/PBI/2012.

Putra, Edi, 2011. Perbandingan Return On Assets (ROA),Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Banking Ratio Antara Bank Pemerintah Dengan Bank Swasta yang Go Public Pada Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Skripsi Universitas Sumatera Utara: Medan.

Sari, Enggar Koesoema, 2011. Analisis Pengaruh CAR, NPL, BOPO, NIM, LDR, dan Pemenuhan PPAP Terhadap Kinerja Perbankan (S tudi Kasus Pada Bank Umum di Indonesia), Skripsi Universitas Diponegoro: Semarang.

Sawir, Agnes, 2010. Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan keuangan perusahaan, PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Surat Edaran Bank Indonesia, 2011. Perihal Laporan Keuangan Publikasi Triwulanan dan Bulanan Bank Umum serta Laporan Tertentu yang Disampaikan kepada Bank Indonesia, No. 13/30/DPNP.

Taswan, 2010. Manajemen Perbankan. Yogyakarta: UPP STIM YPKP


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.