Pengaruh Pengawasan Dan Pengendalian Anggaran Terhadap Good Governance Pada Sekretariat Daerah Aceh

Syamsidar dan Ersyad Ariya Pangestu

Abstract


Penelitian ini merupakan studi empiris tentang pengaruh pengawasan dan pengendalian anggaran terhadap good governance pada Sekretariat Daerah Aceh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pengawasan dan pengendalian anggaran baik secara parsial maupun secara simultan terhadap good governance pada Sekretariat Daerah Aceh.
Populasi penelitian ini adalah seluruh Kepala Bagian dan Kepala Subbagian dan Bendaharawan yang berjumlah sebanyak 128 pejabat.Karena jumlah tersebut mencukupi maka seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan lembaran pertanyaan (kuesioner) yang telah dipersiapkan kepada responden. Data primer tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakn regresi linier berganda.
Hasil penelitian menjelaskan pengawasan dan pengendalian anggaran secara simultan berpengaruh terhadap good governance pada kantor Sekretariat Daerah Aceh. Pengawasan secara parsial berpengaruh terhadap good governance pada kantor Sekretariat Daerah Aceh. Pengendalian anggaran secara parsial berpengaruh terhadap good governance pada kantor Sekretariat Daerah Aceh. Peran pengawasan dan pengendalian anggaran dalam meningkatkan penerapan good governance pada kantor Sekretariat Daerah Aceh sangat dominan di banding variabel lainnya di luar model.

References


Adisasmita Rahardjo (2011) Manajemen Keuangan Daerah, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Achmadi, Adib. 2005. Panduan Pengawasan Keuangan Daerah, Wawasan dan Instrumen Monitoring Keuangan Daerah. Jakarta: Masyarakat Transparansi Indonesia.

Bulutoding Lince (2012) pengaruh pengawasan dan pengendalian anggaran terhadap Good Governance JournalASSETS Vol 2 No 1

Chaudhry et al, (2009) Factors Affecting Good Governance in Pakistan, Empirical Analysis, European Journal of Scientific Research Vol 35 No. 3

Darise Nurlan. 2008. Akuntansi Keuangan Daerah, Jakarta: Indeks

Halim Abdul (2007) Akuntansi Sektor Publik: Akuntansi Keuangan Daerah, Salemba Empat, jakarta.

Indra Bastian, (2006). Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar, Jakarta : Erlangga.

Mardiasmo, (2009), Akuntansi Sektor Publik, ANDI, Yogyakarta.

Mardiasmo (2007)Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Andi, Yogyakarta.

Mardiasmo (2006) “Perwujudan Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui Akuntansi Sekior Publik: Suatu Sarana Good Governance “. Jurnal Akuntansi Pemerintah. Vol. 2, No. 1: 1-17.

Nagu Nadhirah (2012) Analisis Fungsi Anggaran Sebagai Alat Pengendalian Belanja Barang Dan Jasa Pemerintah Daerah, Journal ASSETS Volume 2 Nomor 2

Rohman Hermanto (2010) Akuntabilitas Penganggaran Publik Di Daerah, di akses 20 Maret 2014, m.facebook.com/notes/public-administration-community/

Tisnawati, Ernie Sule dan Saefullah Kurniawan (2006) Pengantar Manajemen. Jakarta: Granada Media.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v5i1.397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :