Analisis Perencanaan Dan Pengawasan Anggaran Biaya Operasi Pada Pt. Pln (Persero) Sektor Pembangkitan Nagan Raya

Eva Susanti dan Reza Jumaidi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pengawasan anggaran biaya operasi pada PT. PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Nagan Raya.
Penelitian yang dilakukan menggunakan metode analisis data deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi kepustakaan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Perencanaan anggaran biaya operasi per unsur masih memiliki penyimpangan antara anggaran yang telah ditetapkan dengan realisasi anggarannya. Hal ini menunjukkan bahwa perencanaan anggaran biaya operasi PT. PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Nagan Raya masih lemah. Pengawasan anggaran biaya operasi telah dilakukan, yaitu dengan menggunakan kartu pengawasan anggaran dan laporan realisasi anggaran, untuk memonitor realisasi dari anggaran tunai biaya operasi yang telah ditetapkan.

References


Adisaputro, Gunawan dan Asri, Marwan., 2008. Anggaran Perusahaan 1. Yogyakarta : BPFE.

Agustina, Yulia., 2010. Perencanaan Dan Pengawasan Biaya Operasional Guna Meningkatkan Efektifitas Dan Efisiensi Pada PT. INDOSAT Tbk Cabang Medan. Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara.

Hasibuan, Malayu S.P., 2011. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Munandar, M., 2007. Budgeting: Perencanaan Kerja, Pengkoordinasian Kerja, Pengawasan Kerja. Yogyakarta : BPFE.

Musliman., 2013. Pengaruh Independensi Auditor dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Auditor pada BPK dan BPKP Provinsi Aceh. Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Aceh.

Nafarin, M., 2009. Penganggaran Perusahaan, Edisi Tiga. Jakarta : Salemba Empat.

Simangunsong, Hartaty., 2006. Analisis Perencanaan Dan Pengawasan Biaya Operasi Pada PT. PLN (Persero ) Pembangkitan Sumatera Bagian Utara. Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara.

Sirait, Justine., 2009. Anggaran Sebagai Alat Bantu bagi Manajemen: Ikhtisar Teori dan Soal-Soal. Jakarta : Grasindo.

Suandy, Erly., 2011. Perencanaan Pajak. Edisi Kelima. Jakarta : Salemba Empat.

Supriyono, S.U., 2010. Akuntansi Biaya: Perencanaan dan Pengendalian Biaya serta Pembuatan Keputusan. Yogyakarta : BPFE.

Terry, George R. Dan Rue, Leslie W., 2012. Dasar-Dasar Manajemen, Penerjemah G.A.Ticoalu. Jakarta : Bumi Aksara.

Winardi., 2006. Asas-asas Manajemen. Jakarta : Alumni.

Yanthi, Sri Utami Nova., 2010. Perencanaan Dan Pengawasan Biaya Operasional Dalam Rangka Peningkatan Laba Perusahaan Pada PT. Adira Dinamika Multifinance Car Division Cabang Medan. Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v4i2.391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :