Pengaruh Globalisasi Kemajuan Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Sistem Informasi Akuntasi

Mulyadi AR

Abstract


PerkembanganTeknologi Informasi yang sangat pesat dibarengin dengan kemajuan teknologi itu sendiri yang mengakibatkan perubahan signifikansi terhadap sistem informasi akuntansi. Perkembangan sistem informasi akuntansi berdasar kemajuan teknologi terjadi dalam tiga jaman, yaitu era bercocok tanam, era industri, dan era informasi. Peranan Teknologi Informasi terhadap perkembangan akuntansi pada setiap jaman berbeda-beda. Semakin maju Teknologi Informasi, semakin banyak pengaruhnya pada bidang akuntansi.
Kemajuan dan globalisasi ini mempengaruhi perkembangan Accounting Information System atau dikenal dengan sistem informasi akuntansi dan di singkat SIA dalam hal pemrosesan data, pengendalian intern, dan peningkatan jumlah dan kualitas informasi dalam pelaporan keuangan. Perkembangan SIA berbasis komputer dalam menghasilkan suatu laporan keuangan juga mempengaruhi proses audit. Akhirnya, kemajuan Teknologi Informasi memberikan peluang baru bagi profesi akuntan. Peluang baru yang mungkin diraih diantaranya adalah konsultan sistem informasi berbasis komputer, CISA,dan Webtrustaudit.

References


Arens,AlvinA., RandallJ.Elder,dan MarksS.Beasleay. (2005).Auditing and Assurance Services. New Jersey:PearsonPrenticeHall.

Belkaoui, Ahmed Riahi. (2000). Accounting Theory. 4th edition. ThomsonLearning.

Bodnar, George H.,dan Hopwood WillianS. (2004).Accounting Information System. 9th edition. NewJersey:Prentice-Hall,Inc.

Elliot,RobertKdanP.D.Jacobson. (1991). “U.SAccounting:A National Emergency”.Journal of Accountancy.Nopember1991.

Elliot, K. Robert. (1992). “Commentary: TheThirdWaveBreakson the Shores ofAccounting”. Accounting Horison. June. pp. 61—85.

Gani Venus. (1999). “Perluasan Peranan SIA padaPelaporanKeuangandi EraTeknologiInformasi”.Media Akuntansi.No.34/Th.VI/April99

Hall, James A. (2001). Accounting Information Systems.3thedition. Cincinnati:Shout-WesternCollege Publishing.

Laudon, K.C., Jane P. Laudon. (2004). Management Information Systems.8thedition.

Suwardjono. (2005).Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan.Yogyakarta:BPFE

Wilkinson,JosephW. (2000). Accounting InformationSystems. 4thedition




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v4i2.387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :