PENGARUH QUICK RATIO, EARNING PER SHARE, DAN RETURN ON INVESTMENT TERHADAP DIVIDEN KAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR FOOD AND BEVERAGES YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Amyas -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis (1)pengaruh quick ratio,earning per share, dan return on invesmentsecara bersama-sama terhadap dividen kas(2) pengaruh quick ratio terhadap dividen kas (3) pengaruh  earning per share terhadap dividen kas (4) pengaruh return on invesment terhadap dividen kas.Populasi dalam penelitian ini yaitu 24 perusahaan manufaktur sektor Food and Beverages di Bursa Efek Indonesia yang memiliki quick ratio, earning per share, dan return on investment serta membayarkan dividen kas. Horizon waktu yang digunakan adalah cross sectional dengan time series. Penelitian ini menggunakan metode sensus. Untuk menguji pengaruh quick ratio, earning per share, dan return on investment terhadap dividen kas digunakan model  regresi linierberganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara bersama-samaquick ratio, earning per share, dan return on investmentberpengaruh positifterhadap dividen kas. (2) quick ratio berpengaruh positif terhadap dividen kas, (3) earning per share berpengaruh positif terhadap dividen kas, (4)return on investmentberpengaruh positif terhadap dividen kas.

 

Kata kunci: quick ratio, earning per share, return on investment, dividen kas.

 


References


Ang, Robert.1997.Buku PintarPasar Modal Indonesia.Edisi 1, Jakarta: Mediasoft Indonesia.

Arifin, Zainal.2004. Teori Keuangan dan Pasar Modal. Yogyakarta: Ekonosia.

Atkinson, Anthony A., Robet S Kaplan., dan S. Mark Young. 2004. Management Accounting. Fourth Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Baridwan, Zaki. 2000. Intermediate Accounting, Yogyakarta: BPFE.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2010. Dasar-dasarManajemen Keuangan. Buku 1, 11th ed. Jakarta: Salemba Empat.

_________, 2011.Dasar-dasarManajemen Keuangan. Buku 2, 11th ed. Jakarta: Salemba Empat.

Hanafi, M. Mamduh. 2004. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Harahap, Sofyan Syafri.2010. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hidayati, Nur.2006. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Dividen Kas di Bursa Efek Jakarta. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Horne, Van James C. dan John M. Wachowicz, JR. 2005.Fundamental of Financial Management: Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Husnan, Suad. 1993. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan. Yogyakarta: BPFE.

impact-id.jobstreet.com/templates/IDX/careerpage.html: www. Idx.co.id

Jogiyanto, Hartono M. 2009. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga, Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Kieso, Donald E dan Jerry J. Weigandt. 2002. Akuntansi Intermediate. Edisi 10. Jakarta: Erlangga.

Mulyadi. 2001.Sistem Akuntansi.Jakarta: Salemba Empat.

Nugrahono, Sectio R. 2010. Pengaruh Return On Investment, Debt to Equity, Earning per Share dan Cash Rati terhadap dividen tunai. Tesis. Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala.

Riyanto, Bambang. 2004. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan,Edisi 4, Yogyakarta: Yayasan Badan Penerbit Gajah Mada.

Ross, S.A., Randolph W. Westerfield.,& Bradford D.Jordan. 2009. Corporate Finance. 8th Edition. New York: Irwin McGraw Hill.

Sadalia, Isfensi dan Nurul Sari SafitriSaragih. 2008. Menganalisa Pengaruh Profitability dan Investment Oppurtunity Set terhadap Deviden Tunai pada Perusahaan Terbuka di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis; Vol 1, No3: 103-108.

Sekaran, Uma. 2006. Research Methods For Business. Edisi 4 buku 1, Terjemahan Yon, Kwan, Jakarta: Salemba Empat.

Santoso, Singgih. 2005. Seri Solusi Bisnis TI: Menggunakan SPSS untuk Statistik Parametik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sartono, Agus. 2008.Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi, Edisi Empat. Yogyakarta: BPFE.

Suharli, Michell. 2006. “Studi Empiris Mengenai Pengaruh Profitabilitas,Leverage, dan Harga Saham Terhadap Jumlah Dividen Tunai (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2002–2003)”, Jurnal MAKSI.Volume 6 Nomor 2: 9-12.

Suharli, Michell. 2007. “Pengaruh Profitability dan Investment Oppurtunity Set Terhadap Kebijakan Dividen Tunai dengan Likuiditas Sebagai Variabel Penguat(Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2002-2003)”, Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol.9 No. 1: 9-17.

Sunarto dan Andi Kartika.2003. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Dividen Kas di Bursa Efek Jakarta.Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol.10, No.1: 67-70.

Stice, E.K, Stice, J.D, dan Skousen, K.F. 2005. Intermediate Accounting. 15th Edition, Ohio: South Western Publishing Co.

Syamsyuddin, Lukman. 2007, Manjemen Keuangan Perusahaan: Konsep Aplikasi Dalam Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Warren and Reeve. 2004. Financial Accounting . 3rd ed. Cincinati: South Western Publishing.

Wild,John J., K.R. Subramanyam, dan Robert F. Hasley. 2005. FinancialStatement Analysis. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v4i1.293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :