ANALISIS PENGENDALIAN INTERN PERSEDIAAN SUKU CADANG PADA PT. DUNIA BARUSA-DEALER TOYOTA ACEH CABANG BANDA ACEH

Syamsidar -

Abstract


Persediaan merupakan suatu aktiva maka harus dilakukan pengendalian intern yang baik untuk menjaga persediaan tersebut dari hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis struktur pengendalian intern yang dilakukan oleh PT. Dunia Barusa-Dealer Toyota Aceh Cabang Banda Aceh guna mendapatkan gambaran yang jelas mengenai pengendalian intern persediaan suku cadang yang diterapkan.  Untuk memperoleh data yang diperlukan maka penulis melakukan penelitian langsung pada PT. Dunia Barusa-Dealer Toyota Aceh Cabang Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan melalui 2 (dua) langkah yaitu penelitian lapangan yang terdiri dari observasi  dan wawancara dengan pihak yang bersangkutan, serta melaui penelitian kepustakaan yang didapat dari berbagai literatur-literatur, buku-buku perkuliahan serta referensi-referensi lain yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.

Dari hasil penelitian pada PT. Dunia Barusa-Dealer Toyota Aceh Cabang Banda Aceh, disertai dengan analisis dan evaluasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengendalian intern terdiri dari lingkungan pengendalian telah berjalan sesuai struktur organisasi yang diterapkan, penilaian resiko menggunakan sistem pencatatan metode FIFO yang telah memenuhi syarat yang ditetapkan sesuai dengan prinsip akuntansi, prosedur manual yang dilakukan akan berdampak terlambatnya informasi dan komunikasi yang akan disampaikan dari pada dengan sistem terkomputerisasi, aktivitas pengendalian dilakukan dengan satu cara yaitu secara internal yaitu pengendalian langsung oleh bagian administrasi, pemantauan dimana kegiatannya dilakukan oleh pihak internal, sudah berjalan sesuai dengan prosedur perusahaan.

 

Kata kunci : Pengendalian Intern, Persediaan


References


Erlina, Sri Mulyani. 2007. Metode Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, Terbitan Pertama, USU Press, Medan.

Ikatan Akuntansi Indonesia 2002. Standar Akuntansi Keuangan, Salemba Empat, Jakarta.

Mulyadi, 2008. Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga. Catatan Keempat, Salemba Empat, Jakarta.

Nurmaliza, Teungku. 2010. Analisis Pengendalian Intern Persediaan Barang Dagang Pada PT. Sabda Cipta Jaya. Universitas Sumatera Utara Fakultas Ekonomi Medan.

Sakaran, Uma. (2006). Research Methods For Bissiness A Skill - Building Approach. USA : Jhon Wiley & Sons, Inc.

Singleton, Hall. 2007. Information Technology Auditing and Assurance. Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta.

Stice dan Akuosen. Akuntansi Intermediate. Edisi Keenam Belas, Buku 1, Salemba empat, Jakarta.

Sugiono, 2006. Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Sembilan, CV Alfabeta, Bandung.

Syahputra, Erfin. (2010). Pengendalian Internal atas Persedian pada PT. Betami Medan, (online) http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/9001. 07 Februari 2013.

Syofiani, Yani. (2010). Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Persediaan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Binjai, (online) http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/22055, 07 Februari 2013.

Wirartha, I Made. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi, dan Tesis/ I Made Wirartha; ¬- Ed. I.- Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v4i1.292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :