TINJAUAN YURIDIS DAN BISNIS TERHADAP DOKUMEN PERUSAHAAN

Muhammad Isa Ansari

Abstract


Dokumen perusahaan, baik dokumen keuangan maupun dokumen lainnya mempunyai kedudukan yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Dokumen perusahaan dapat dijadikan referensi bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan bisnis, disamping itu secara yuridis dokumen perusahaan merupakan alat bukti tertulis sebagaimana diatur dalam Pasal 1866 Kitab Undang-undang Hukum Perdata.  Berdasarkan telaahan terhadap Undang-undang Nomor 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan menujukkan bahwa dokumen perusahaan mempunyai arti penting baik secara yuridis maupun bisnis. Dari sisi yuridis bahwa dokumen perusahaan merupakan salah satu alat bukti tertulis (disamping saksi, persangkaan, pengakuan dan sumpah) dimana perlu dikelola dengan baik bahkan diperkenankan untuk dialihkan dari medium kertas ke dalam media microfilm, Compact Disk-Read Only Memory (CD-ROM), dan Write Once Read Many (WORM). Sementara itu dari sisi bisnis bahwa dokumen perusahaan merupakan sarana yang dipergunakan pelaku usaha untuk mengambil keputusan-keputusan bisnis. Secara bisnis pengololaan dokumen perusahaan dalam ketentuan UUDP terlihat lebih hemat dan efisien dan dapat mengurangi biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan.

 

Keywords:     Yuridis, Bisnis,  Dokumen Perusahaan.

 


References


Direktorat Jenderal Hukum dan Perundang-undangan (1998), Sejarah Pembentukan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan, Departemen Kehakiman RI, Jakarta.

Indonesia (1997), Undang-undang Nomor 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan.

________ (1999), Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 1999 tentang Tata Cara Penyerahan dan Pemusnahan Dokumen Perusahaan.

________ (1999), Peraturan Pemerintah Nomor 88 Tahun 1999 tentang Tata Cara Pengalihan Dokumen Perusahaan Ke Dalam Microfilm atau Media Lainnya dan Legalisasi.

Kisworo, Marsudi Wahyu (2000), Alih Media Dokumen Perusahaan Ke Dalam Media Elektronis, Makalah pada Seminar Dokumen Perusahaan, ANRI, Jakarta, 13 November 2000.

Luqman, Loebby (2000), Keabsahan dan Keotentikan Dokumen, Makalah pada Seminar Dokumen Perusahaan, ANRI, Jakarta, 13 November 2000.

Manan, Bagir (2000), Efektifitas UU Dokumen Perusahaan, Makalah pada Seminar Dokumen Perusahaan, ANRI, Jakarta, 13 November 2000.

Muhammad, Abdulkadir (2002), Hukum Perusahaan Indonesia, Citra Aditya Bakti, Bandung.

Santosa, Mas Achmad (2000), Aksesabilitas Dokumen Perusahaan dan Akuntabilitas Publik Dalam Konteks Good Governance, Makalah pada Seminar Dokumen Perusahaan, ANRI, Jakarta, 13 November 2000.

Slamet I.S, Sumantri, (2000), Pengelolaan Dokumen Perusahaan Untuk Kepentingan Bisnis dan Restrukturisasi Perusahaan, Makalah pada Seminar Dokumen Perusahaan, ANRI, Jakarta, 13 November 2000.

****




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v3i1.279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :