PENGARUH PERSONAL BACKGROUND DAN PENGETAHUAN APARATUR INSPEKTORAT TENTANG ANGGARAN TERHADAP PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH

Fachriansyah -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh personal background dan pengetahuan aparatur Inspektorat tentang anggaran terhadap pengawasan keuangan daerah. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh aparatur pemerintahaan di Inspektorat Aceh yang bertugas melakukan pengawasan keuangan daerah, yaitu sebanyak 52 orang. Penelitian ini merupakan penelitian sensus karena semua populasi dijadikan sampel.

            Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari kuesioner yang diantarkan langsung kepada responden yang di jadikan sampel penelitian yaitu pegawai Inspektorat Aceh. Sedangkan data sekunder diperoleh dari bahan bacaan yang terkait dengan penelitian ini.

            Dalam penelitian ini, variabel dependen yang digunakan adalah pengawasan keuangan daerah (Y), sedangkan variabel independennya adalah personal background (X1) dan pengetahuaan aparatur Inspektorat tentang anggaran (X2).           

Analisis regresi linier berganda (multiple regression) juga memperlihatkan bahwa variabel independen personal background secara individu tidak berpengaruh terhadap variabel dependen terhadap pengawasan keuangan daerah pada tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun pertanggungjawaban. Namun variabel pengetahuan Inspektorat tentang anggaran berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen  terhadap pengawasan kenangan daerah pada tahap perencanaan dan pertanggung jawaban.

Penelitian ini mendapatkan bukti empiris bahwa pengetahuan Inspektorat tentang Anggaran  memiliki pengaruh signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah. Sedangkan personal background secara umum tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah.

 

Kata Kunci: Personal Background, pengetahuan aparatur Inspektorat dan pengawasan keuangan daerah

 


References


Abdullah, Syukriy (2010) Tantangan Membangun Organisasi Berbasis Pengetahuan Inspektorat pada Pengawasan Kueangan Daerah. hhtp://syukriy.wordpress.com/

Efendy, Muh. Taufiq (2010) Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit Aparat Inspektorat Pada Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Empiris Pada Pemerintah Kota Gorontalo). Tesis. Universitas Diponegoro Semarang.

Fadilla (2010) Pengaruh Personal Background, Political Background, dan Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran terhadap Peran DPRD dalam Pengawasan Keuangan Daerah di DPRK Aceh Timur, DPRK Banda Aceh, dan DPRA Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Skripsi Universitas Syiah Kuala.

Halim, Abdul (2002) Akuntansi Keuangan Daerah. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba empat.

Inspektorat LIPI (2008) Berbagai Pengertian atau Istilah Audit. Jum’at 18 Januari 2008.

Irianto (2008) Pengawasan Keuangan Bagi Staf Badan Pengawasan Daerah, Panduan Pelatihan. Jakarta: USAID-LGSP.

Mahmudi (2007) Analisis Laporan Keuangan Daerah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Maisarah, Putri (2008) Pengaruh Pengawasan terhadap Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) pada Instansi Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Skripsi, Universitas Syiah Kuala.

Murni, Sri dan Banu Witono (2004) Pengaruh Personal Background dan Political Background terhadap DPRD dalam Pengawasan Keuangan Daerah. Perspektif,Vol.9.

Nanggroe Aceh Darussalam, Qanun aceh no.5 tahun 2007 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas, Lembaga Teknis Daerah, dan Lembaga Daerah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Sugiyono (2005) Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Suliyanto (2006) Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Umar, Husein (2005) Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Wahyudi. Tri (2009) Pengaruh Motivasi, Jenis Kelamin, dan Keputusan Kerja Tehadap Kinerja Akuntan Pada Perusahaan Manufaktur di Kota Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Winarna, Jaka dan Sri Murni (2007) Pengaruh Personal Background, Political Background, dan Pengetahuan Dewan tentang Anggaran terhadap Peran DPRD dalam Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Kasus di Karasidenan Surakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2006). Makasar : Simposium Nasional Akuntansi X.

Witono, Banu (2008) Pengaruh Personal Background dan Political Culture terhadap Peran DPRD dalam Pengawasan Keuangan Daerah. Tesis Program Pasca Sarjana UGM Yogyakarta. Tidak Diplubikasikan.

Yudianto, Ivan (2005) Pengaruh Penerapan Akuntansi Sektor Publik, Pengawasan terhadap Kualitas Laporan Keuangan Instansi Pemerintah terhadap Akuntabilitas Instansi Pemerintah dan Implikasinya terhadap Pencegahan Fraund. Workshop Auditing: Program Pasca Sarjana, Universitas Padjajaran Bandung.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v2i2.268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :