PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN DAN PENAKSIRAN RESIKO KECURANGAN TERHADAP PROFESIONALITAS AUDITOR DALAM MENDETEKSI KECURANGAN (Studi Empiris Pada Kantor Inspektorat Provinsi Aceh)

Zulkifli Umar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh tingkat kepercayaan dan penaksiran resiko kecurangan terhadap profesionalitas auditor dalam mendeteksi kecurangan pada kantor Inspektorat Aceh.

Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah para auditor yang bekerja pada kantor Inspektorat Aceh. Teknik yang digunakan untuk penyebaran sampel adalah dengan menggunakan metode populasi sampling.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut Y = 4,562 - 0,657 X1 + 0,471 X2. Dari persamaan tersebut variabel tingkat kepercayaan yang paling besar pengaruhnya terhadap profesionalitas auditor. Koefisien determinan (R2) bernilai 0,945 menunjukkan bahwa variabel tingkat kepercayaan dan penaksiran resiko kecurangan mampu mempengaruhi profesionalitas auditor sebesar 94,5 persen dan sisanya sebesar 5,5 persen di pengaruhi oleh variabel lainnya diluar model penelitian ini.

Pembuktian secara parsial dengan menggunakan uji t tes menunjukkan bahwa variabel tingkat kepercayaan dan penaksiran resiko kecurangan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap profesionalitas auditor. Pembuktian yang dilakukan secara simultan dengan menggunakan uji f tes juga menunjukkan variabel tingkat kepercayaan dan penaksiran resiko kecurangan, secara simultan berpengaruh signifikan terhadap profesionalitas auditor. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda maka hipotesis yang di uji dalam penelitian ini dapat diterima.

 

Kata Kunci : Pengaruh Tingkat Kepercayaan dan Penaksiran Resiko Kecurangan Dalam Mendeteksi Kecurangan.


References


Ikatan Akuntan Indonesia, (2000). Standar Profesional Akuntan Publik, Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN, Yogyakarta.

Fransiscus, ( 2000 ). Auditing, an Integrated Aprroach. Prentice Hall.

Mengungkap Tindak Kecurangan (Korupsi) dengan Bantuan Forensic Accountant (Fraud Auditor) http://tjukriatawaf.multiply.com/ journal/item/4/Mengungkap_Tindak_Kecurangan_(Korupsi)_dengan_Bantuan_Forensic_Accountant_(Fraud Auditor)

Knapp, C. A., and Knapp, M. C. (2001). “The Effects of Experience and Explicit Fraud Risk Assessment in Detecting Fraud with Analytical Procedures.” Accounting, Organizations and Society. Volume 26. Pp 25-37.

Kopp, Lori, Lemon, W. Morley, Rennie, Morina. (2003). “A Model of Trust and Professional Skepticism in the Auditor-Client Relationship.” Presentation, Scholl of Accountancy Seminar Series. June 2003

Malhotra, Naaresh K, (2005). Marketing Research. New Jersey: Prentice – Hall.Inc.

Novyanti Suzy (2007). Skeptisme Profesional Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan.The 1st Accounting Conference Faculty of Economics Universits Indonesia Depok, November 2007.

Rahayu, S.K. & Suhayati, E. (2009). Auditing : Konsep Dasar dan Pedoman Pemeriksaan Akuntan Publik. Graha Ilmu

Rahman Fauzan, (2005). Pengaruh Etika dan Keahlian Auditor Terhadap Froud Auditing pada Knator BPKP Naanggroe Aceh Darussalam. Skripsi, Univertas Syiah Kuala.

Sawyer, L.B. (2006). Audit Internal. Edisi 5. Salemba Empat

Suraida Ida, (2005). Pengaruh Etika, Kompetensi, Pengalaman Audit Dan Resiko Audit Terhadap Skeptisme Profesional Auditor Dan Ketepatan Pemberian Opini Akuntan Publik. Skripsi, Univertas Syiah Kuala.

Tampubolon, R. (2006). Risk and Systems- Based Internal Audit. Edisi 2.

PT Elex Media Komputindo

Tunggal W. A, (2009). Pokok-pokok Audit Kecurangan. Harvarindo

Payne, Elizabeth A., and Ramsay, Robert J. (2005). “Fraud Risk Assessment and Auditors’ Professional Skepticism.” Managerial Auditing Journal. Volume 20. No. 3. Pp 321-330.

Tugiman, (2001). Pemeriksaan Akuntan. Edisi Keempat. Bagian Penerbit

Wilks, T. Jeffrey, and Zimbelman, Mark F. (2004). “Decomposition of Fraud Risk Assessments and Auditors’ Sensitivity to Fraud Cues.” Working Paper. January. Pp1-31.

Louwers, Timothy J., Ramsay, Robert J., Sinason, David H., and Strawser, Jerry R. (2005). Auditing and Assurance Service. Mc Graw Hill, New York.

Waluyo, 2005. Skeptisme Profesional Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan. Jurnal Akuntansi. (isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/ 11081845.pdf)




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v2i1.262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :