PENGARUH PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER TERHADAP KINERJA INDIVIDUAL BAGIAN AKUNTANSI PADA PERBANKAN KONVENSIONAL DI BANDA ACEH

Syamsidar -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem informasi berbasis komputer terhadap kinerja individual pada perbankan konvensional di kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan pada bank-bank konvensional yang ada di kota Banda Aceh yang berjumlah 12 bank. Responden yang diambil adalah manajer dan supervisor serta posisi lainnya untuk setiap bank, dengan metode pengambilan sampel yang digunakan metode sensus dan metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada responden. Metode analisa data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda yang bertujuan untuk mengetahui korelasi dan melihat pengaruh sistem informasi berbasis komputer terhadap kinerja individual pada perbankan konvensional di kota Banda Aceh, yang diolah dengan program komputer Statistical Package for Social Science (SPSS).

Dari hasil penelitian dan pengolahan data dalam penelitian ini diketahui bahwa koefisien korelasi (R) sebesar 0.114 (R2=0.013) yang berarti sebesar 11% kinerja individu (Y) di pengaruhi oleh sistem informasi berbasis komputer (X). Sedangkan selebihnya yaitu sebesar 89% dipengruhi oleh variabel-variabel lain diluar variabel-variabel yang telah disebutkan di atas yang tidak teramati dalam penelitian ini.

Atas dasar penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa nilai thitung pada level of significant 0,05 dapat dikatakan bahwa thitung < t tabel  yang berarti penelitian ini menerima H0. Jadi secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa besarnya peningkatan kinerja individu (Y) tidak dipengaruhi oleh sistem informasi berbasis komputer (X).

 

Keyword: CBIS, Kinerja Individual


References


Aji, S. (2005). Pengantar Teknologi Informasi. Semarang: Salemba Infotik.

Amrul, Sadat dan Ahyadi Syar’ie. 2005. Analisis Beberapa Faktor yang Berpengaruh Terhadap Proses Pengembangan Kualitas Sistem. Makalah disajikan dalam Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo, 15-16 September.

Bordnar, H. George dan Hopwood, S. William (2000). Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Davis, B. Gordon. (2002). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen-Bagian I Pengantar. Cetakan kedua belas. Jakarta Pusat: PPM.

Goodhue, D. dan R. Thompson (1995). Task Technology Fit and Individual Performance. MIS Quarterly. June 1995.

Hasibuan, M. (2005) Manajemen: Dasar Pengertian dan Masalah. PT. Bumi Aksara

Jumaili, Salman. 2005. Kepercayaan Tehadap Teknologi Sistem Informasi Baru Dalam Evaluasi Kinerja Individual. Makalah disajikan dalam Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo, 15-16 September.

Irianto, A. (2004). Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasi. Kencana, Jakarta.

Malhotra, N (1996). Marketing Research: An Applied Orientation. 4th ed, Prentice Hall, Inc

Mangkuprawira, Sjafri (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Ghalia Indonesia,

Mangkunegara, A. P (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. (Cetakan Ketiga). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. Jakarta.

Maria, M.R. (2007). Pengaruh Efektivitas Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Teknologi Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Individu Pada Pasar Swalayan di Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Martin, E.W., C.W. Brown, D.W. DeHayes, J.A. Hoffer, dan W.C Perkins. (2002). Managing Information Technology. New Jersey: Prentice- Hall, Inc

Mathis, Robert L. dan John H. Jackson (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Buku 1Edisi 1. Terjemahan Jimmy Sadeli & Bayu Prawira Hie, Jakarta: Salemba 4.

McLeod, Raymond Jr. (2004). Sistem Informasi Manajemen. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Indeks dan PT. Prenhallindo.

O’Brien, James A. (2002). Introduction to Inform Systems-Essential for the E-Business Enterprise. Eleventh Edition. America: McGraw Hill.

Rahmawati, D (2006). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi (Suatu Kajian Teori), Jurnal Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Richard, L.D. (2003). Manajemen. Jakarta PT. Gelora Aksara Pratama.

Robbins, P.S (2003). Perilaku Organisasi. Jakarta. Gramedia

Ruky, Achmad S (2002). Sistem Manajemen Kinerja. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sekaran, U. (2006). Research Method for Business: A Skill Building Approach. 2nd Edition John Wiley & SONs, Inc.New York

Simamora, H. (1999). Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE YKPN, Yogyakarta.

Tjhai Fung Jin (2003) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Akuntan Publik”. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 5(1):1-6.

-------- (2002). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Akuntan Publik. Tesis S-2 UGM. 2002.

Wahyono, Teguh. 2004. ”Sistem Informasi Berbasis Komputer” http:// www.ilmukomputer.com/sistem informasi berbasis komputer. Diakses tanggal 25 Maret 2010




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v1i1.251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :