PERLAKUAN AKUNTANSI PENDAPATAN DAN BIAYA PADA PROYEK PT. FAJAR BAIZURY & BROTHERS (Kasus Rehabilitasi/Pemeliharaan Jalan Kota Sabang Tahun 2008).

Zulkifli Umar

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada PT. Fajar Baizury & Brother’s, divisi kontruksi sabang. Yang bertujuan untuk mengetahui bagaiamana penerapan perlakuan akuntansi pendapatan dan biaya kontruksi yang diterapkan pada perusahaan tersebut. Adapun masalah yang diteliti terdiri dari struktur organisasi, klasifikasi biaya, metode pengumpulan harga pokok jasa kontruksi, pengakuan pendapatan pada perusahaan kontruksi, pencatatan biaya kontruksi.

Untuk mendapatkan data yang diperlukan, penulis mengadakan penelitian dari library research dan field research. Library research, pengumpulan data yang bersumber dari buku-buku ataupun artikel-artikel yang berhubungan dengan masalah tersebut. Field research, penelitian langsung ke PT. Fajar Baizury & Brother’s, divisi kontruksi sabang, dengan mengadakan collecting data atau wawancara dengan para responden diantaranya manager proyek, kepala bagian akuntansi, karyawan bagian teknik dan karyawan lain yang terkait pada pelaksanaan kegiatan tersebut.

Dari hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa struktur organisasi perusahaan tersebut adalah organisasi garis dan staf, klasifikasi biaya dikelompokkan dalam dua golongan yaitu Biaya Pra Pelaksanaan dan Biaya Pelaksanaan. Metode pengumpulan harga pokok jasa kontruksi didasarkan atas metode harga pokok pesanan (job order cost methode), dengan mengumpulkan seluruh biaya yang terjadi dalam proses penyelesaian suatu proyek. Pengakuan pendapatan pada perusahaan kontruksi, dihitung sesuai dengan persentase pekerjaan yang telah dikerjakan dilapangan dengan persetujuan pengawas proyek tersebut, dengan kata lain adalah didasarkan pada metode persentasepenyelesaian kontrak. Prosedur pencatatan biaya kontruksi, terdiri dari biaya yang dibebankan langsung atas beban pekerjaan dan biaya tambahan yaitu biaya yang dimana untuk penunjang pekerjaan tersebut.

Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah dapat diketahui prosedur perlakuan akuntansi pendapatan dan biaya kontruksi pada PT. Fajar Baizury & Brother’s, divisi kontruksi sabang, telah melaksanakan dengan baik sesuai dengan prinsip akuntansi dan teori yang berlaku.


References


Carter, William & Usry. Milton (2005), Akuntansi Biaya (Penerjemah Krista)Edisi ke-Empat Belas. Jakarta: Salemba Empat

Donald, E, Kieso & Jerry, J, W. (2006), Accounting Principles. Edisi Ke-enam, Jakarta: Salemba Empat

Harahap (2006), Pengaruh Pengawasan Terhadap Efisiensi Kerja. Jakarta: Erlangga.

Halim, Abdul (2007), Dasar Dasar Akuntansi Biaya. Jogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada

Ikatan Akuntansi Indonesia (2009), Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi (2005), Akuntansi Biaya, Jogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada

Niswonger, Fes- Warren (2005). Prinsip Prinsip Akuntansi. Jakarta: Erlangga

Supriyono (2007). Akuntansi Biaya. Jogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v1i2.188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :