PENGARUH BAKAT, MINAT, DAN MOTIVASI TERHADAP PILIHAN JURUSAN AKUNTANSI BAGI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH

Syamsidar -

Abstract


 Jurusan Akuntansi merupakan salah satu jurusan yang terdapat pada dunia pendidikan dalam lingkup ilmu sosial. Walaupun di setiap Perguruan Tinggi menawarkan berbagai jurusan, namun Jurusan Akuntansi tetap memiliki peminat. Hal tersebut tentu saja karena calon mahasiswa memiliki pertimbangan-pertimbangan sebagai dasar untuk memilih jurusan. Baik itu berasal dari diri sendiri maupun dorongan dari pihak luar. Pertimbangan setiap mahasiswa berbeda satu sama lain, hal itu disebabkan karena sikap, pendapat, dan persepsi yang berbeda dalam melakukan penilaian terhadap jurusan yang dipilih.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bakat, minat, dan motivasi terhadap pilihan Jurusan Akuntansi bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi UNMUHA.

Penelitian ini dilakukan pada Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi UNMUHA di Jalan Muhammadiyah, No. 91, Desa Bathoh, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi UNMUHA. Adapun jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 83 orang yang merupakan mahasiswa angkatan 2006 sampai 2010. Pengumpulan data dan informasi yang diperlukan dalam penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada responden yang menjadi objek penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakat, minat, dan motivasi berpengaruh secara simultan terhadap pilihan Jurusan Akuntansi bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi UNMUHA. Namun, secara parsial, minat dan motivasi saja yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap pilihan Jurusan Akuntansi. Sementara bakat tidak berpengaruh.


References


A.M. Sardiman, (2008), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Cardina, Meryna, (2005), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Semarang, Skripsi, Universitas Negeri Semarang

Makmun, Abin Syamsuddin, (2005), Psikologi Kependidikan, Edisi Revisi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Malhotra, (2005), Marketing Research, Mc. Graw Hill Book Company, New York

Piliang, Zulhendra, (2010), Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Aceh

Sugiyono, (2005), Metodologi Penelitian Bisnis, CV Alfabeta, Bandung

Suliyanto, (2006), Metode Riset Bisnis, Penerbit Andi, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v1i2.185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :