PENERAPAN STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN PEMBIAYAAN PADA BAITUL QIRADH SURYA MADINAH BANDA ACEH

Aliamin -

Abstract


Pengendalian intern dan pembiayaan sangat penting artinya bagi setiap lembaga keuangan termasuk baitul qiradh. Tanpa adanya pengendalian intern dan pembiayaan maka baitul qiradh akan dihadapkan pada risiko kegagalan dalam menjalankan usahanya. Apalagi penyaluran pembiayaan merupakan salah ujung tombak kegiatan operasional dan usaha baitul qiradh, sehingga kelangsungan usaha baitul qiradh sangat tergantung dari sejauhamana manajemen baitul qiradh mampu melakukan pengendalian dan pengawasan pembiayaan secara baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan struktur pengendalian intern pembiayaan pada Baitul Qiradh Surya Madinah Banda Aceh.

Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan penelitian lapangan terdiri dari pengamatan (observasi) dan wawancara (interview) dengan karyawan baitul qiradh tersebut. Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif mengacu pada teori-teori terkait.

Penelitian menemukan bahwa pengendalian intern pada Baitul Qiradh Surya Madinah sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pengendalian intern pada baitul qiradh tersebut diwujudkan dalam bentuk adanya struktur organisasi yang menggambarkan pemisahan fungsi pengawasan, pencatatan, dan fungsi penyimpanan. Selain itu dalam upaya pengendalian intern pada baitul qiradh tersebut juga terdapat sistem pemberian wewenang dan prosedur pencatatan untuk mengendalian harta, utang pendapatan dan biaya. Dalam rangka pengendalian intern, Baitul Qiradh Surya Madinah Banda Aceh juga didukung oleh karyawan yang berkualitas dan memiliki kecakapan dalam bidang pekerjaan mereka masing-masing. Pengendalian pembiayaan pada Baitul Qiradh Surya Madinah sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pengendalian pembiayaan pada baitul qiradh tersebut dimulai dari rencana pemberian pembiayaan, analisis permohonan pembiayaan, pengawasan pembiayaan dan pengumpulan pembiayaan.

 

Keyword: CBIS, Kinerja Individual


References


Abdullah, Faisal. (2008) Manajemen Perbankan (Teknik Analisis Kinerja Keuangan Bank). UMM, Malang.

Aliamin (2005) Merekontruksi Akuntansi Syari’ah (Syari’ah Accounting Recontruction), Fakultas Ekonomi Unsyiah Darussalam Banda Aceh.

Anonymous (2010) BSM Tingkatkan Pembiayaan ke LKM, Harian Serambi Indonesia, 22 April 2010, Hal 3. Kol. 2.

Arikunto, Suharsimi. (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dendawijaya, Lukman (2007) Manajemen Perbankan. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Harahap, Sofyan S., Wiroso dan Muhammad Yusuf. (2007) Akuntansi Perbankan Syari’ah. Jakarta: LPFE Usakti.

Hariadi, Bambang (2007) Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, BPFE, Yogyakarta.

Hartati, Dian (2009) Analisis Pengendalian Intern Piutang Usaha pada PT SFI Medan, Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Hasibuan, Malayu S.P. (2007) Dasar-dasar Perbankan. Rineka Cipta, Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia (2006) Standar Akuntansi Keungan, Salemba Empat, Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2004) Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK No. 59) tentang Akuntansi Perbankan Syari’ah. Ikatan Akuntan Indonesia dan Bank Indonesia, Jakarta.

Karim, Adiwarman. (2007) Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Manzilati, Asfi. (2008) Pembiayaan Murabaha Sebagai Prasyarat Pembiayaan Mudharaba Dalam Kerangka The Generalized Others. Telaah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi (TEMA). Volume IV No. 2 September.

Media Akuntansi Nomor 15, November-Desember 2000. Bank syari’ah dan kemurniannya, hlm 4; Bank syari’ah: Lahir dari hasil diskusi Kesadaran umat Islam hlm 5–6; Hadirnya Bank Syari’ah di Indonesia hlm 7; Roda Penggerak Sektor Riil, hlm 8–9; Menjaga Kemurnian Bank Syari’ah hlm 16–17.

Mudrajad & Suhardjono, (2006) Manajemen Perbankan, Teori dan Aplikasi, BPFE, Yogyakarta.

Muhammad (2006) Pengantar Akuntansi Syari’ah, Edisi 2, Salemba Empat, Jakarta.

Mulyadi. (2006) Sistem Akuntansi. STIE YKPN, Yogyakarta.

Nazir, Moh (2008) Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Sinungan, Muchdarsyah. (2008) Manajemen Dana Bank. Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono (2006) Metode Penelitian Bisnis, Alvabeta, Bandung.

Thoyibatun, Siti (2009) Struktur Pengendalian Intern Bank Perkreditan Rakyat Syari’ah dan Konvensional, Jurnal Ekonomi Bisnis, Th 14, Nomor 3, November 2009.

Triyuwono, I., dan Roekhuddin (2008) Konsistensi Praktik Sistem Pengendalian Intern dan Akuntabilitas pada Lazis Jakarta. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial (Social Sciences).12 (1).

Tuanakota, Bambang (2007) Manajemen dan Organisasi, Rineka Cipta, Jakarta.

Undang-Undang No. 7 tahun 1992 tentang Perbankan




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v1i2.184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :