PENGARUH RASIO HUTANG TERHADAP RENTABILITAS PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018 2020

Intan Rizkia Chudri, Irmawati Irmawati, Hasliza Razali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Rasio Hutang berpengaruh terhadap Rentabilitas. Data penelitian ini diambil dari laporan tahunan (annual report) yang berada dalam indeks Perusahaan Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 57 perusahaan yang terdaftar dalam indeks Perusahaan Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2018-2020. Sampel ditentukan berdasarkan metode sensus (jenuh) dengan tidak menguji perusahaan yang tidak lengkap memiliki laporan keuangan dan perusahaan yang mengalami kerugian, sehingga dapat diperoleh sampel sebanyak 57 teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa rasio hutang berpengaruh positif terhadap rentabilitas

Keywords


Rasio Hutang; Rentabilitas

Full Text:

PDF

References


Aswia, Yulia Tri Kusumawati. (2020). Pengaruh Quick Ratio dan Debt to Equity Ratio Terhadap Rentabilitas pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Univesitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Samarinda. Vol. 1. No. 2. ISSN : 2721-5727.

Bambang Riyanto. (2016). Dasar Dasar Pembelanjaan Perusahaan Edisi Ketujuh, BPFE-UGM, Yogyakarta.

Bursa Efek Indonesia. (n.d.). Laporan Keuangan. Idx.co.id.

Hanafi, Mamduh M, dan Halim, Abdul. 2003. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: AMP-YKPN

Harahap, Sofyan Safri. (2010). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Rajawali Persada. Jakarta.

Hery, S.E., M. Si, (2015). Analisis Laporan Keuangan. Pendekatan Rasio Keuangan. Cetakan Kesatu. Yogyakarta: CAPS.

Nurul Fadilah, Echsan, dan Ecaliyati Amaniyah. (2017). Pengaruh quick ratio, inventory turnover, dan debt to equity ratio terhadap Rentabilitas pada perusahaan Kabel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Trunojoyo Madura. Vol. 11. No. 1.

Ratih Gayatri Astagfirli. (2013). Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Perputaran Total Aset Dan Rasio Hutang Terhadap Rentabilitas Pada Perusahaan Property Dan Real Estate yang Terdaftar di BURSA Efek Indonesia. E-Jurnal Universitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjung pinang.

Riyanto, Bambang. (2016). Dasar Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Ketujuh. Yogyakarta:BPFE.

Rotua Sidauruk, Darwin, Jubi, dan Ady Indrawan. (2017). Pengaruh Likuiditas Dan Leverage Terhadap Rentabilitas Perusahaan sub Sektor Tekstil dan Garmen. E-Jurnal Akuntansi, Vol. 3, No.2, ISSN: 2502-4574.

Sartono, A. (2018). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. (4th ed.). BPFE.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie. (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 2, Salemba Empat, Jakarta Selatan 12610.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v12i2.1619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :