PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN DANA ALOKASI UMUM (DAU) TERHADAP BELANJA LANGSUNG PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH (TAHUN 2018 2020)

Intan Rizkia Chudri, Emmi Suryani Nasution, Amatul Firdalisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) secara Simultan terhadap Belanja Langsung pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh (2) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara Parsial terhadap Belanja Langsung pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh. (3) Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) secara Parsial terhadap Belanja Langsung pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh. Populasi dalam penelitian ini seluruh Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Aceh selama periode 2018 2020 yang berjumlah 23 kabupaten/kota. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan data yang dianalisis dalam penulisan ini adalah data sekunder menggunakan metode sensus yang bersumber dari dokumen Laporan Realisasi APBD Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh yang diperoleh dari Situs Dirjen Perimbangan Keuangan Pemerintah Daerah pada website (www.djpk.depkeu.go.id). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pendapatan asli daerah dan dana alokasi umum baik secara simultan maupun secara parsial berpengaruh terhadap belanja langsung. Pendapatan asli daerah berpengaruh positif terhadap belanja langsung, dan dana alokasi umum berpengaruh positif terhadap belanja langsung

Keywords


Pendapatan Asli Daerah; Dana Alokasi Umum; Belanja Langsung

Full Text:

PDF

References


Afriyanto., & Harnita. (2011). Analisis Pendapatan Asli Daerah Terhadap Belanja Daerah di Kabupaten Rokan Hulu Universitas Pasir Pengaraian.

Bastian, Indra. (2001). Akuntansi Sektor Publik di Indonesia. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Darwanto., & Sari (2007). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Belanja Modal. Simposium Nasional Akuntansi X Makasar hlm. 26-28 Edisi Juli 2007.

Elita. (2007). Penerimaan Pendapatan Asli Daerah. Jakarta : Rajawali.

Ermad., & Umar. (2018). Jurnal Kebangsaan, Vol.7 No.14. Juli-Desember 2018. ISSN: 2089- 5917.

Feronika. (2019). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Alokasi Umum terhadap Belanja Langsung dan Dampaknya terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Bitung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Magister Ilmu Ekonomi Universitas Sam ratulangi.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Halim, Abdul. (2009). Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Insukindro., Mardiasmo., Widayat., et.al. (1994). Peranan Pengelolaan Keuangan Daerah dalam usaha peningkatan PAD. Laporan Hasil Penelitian KKD. FEUGM. Yogyakarta.

Keuangan Daerah Kemendagri. (10 Oktober 2021). https://keuda.kemendagri.go.id/.

Kawedar., Warsito., et.al. (2008). Akuntansi Sektor Publik. Pendekatan Penganggaran Daerah dan Akuntansi Keuangan Daerah. Buku 1. Semarang: Salemba Empat.

Kuncoro, Mudrajad. (2014). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga: Jakarta.

Munparidi. (2012). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Pelatihan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Musi Kota Palembang. Jurnal Orasi Bisnis edisi ke VII, ISSN 2085 1375.

Mardiasmo, (2002). Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Penerbit Andi Yogyakarta.

Mardiasmo. (2006). Perwujudan Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui Akuntansi Sektor Publik: Suatu Sarana Good Governance. Jurnal Akuntansi Pemerintah. Volume 2.

Maulida, Novi Pratiwi. (2007). Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Prediksi Belanja Daerah (Studi Kasus Pada Kabupaten/Kota di Indonesia). Universitas

Islam Indonesia. Yogyakarta.

Sari., Noni., & Yahya. (2009). Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendaptan Asli Daerah (PAD) terhadap belanja langsung. Skripsi : Universitas Sumatera Utara, Medan.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Pengaruh Transfer Tidak Bersyarat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Kabupaten/Kota di Kalimantan Tahun 2007- 2010.

Rahmawati, Nur Indah. (2010). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (Pad) Dan Dana Alokasi Umum (Dau) Terhadap Alokasi Belanja Daerah (Studi Pada Pemerintah Kabupaten/Kota Di Jawa Tengah). Skripsi: Universitas Diponegoro Semarang.

Rinaldi, Udin. (2012). Kemandirian Keuangan dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah. Jurnal EKSOS, 8(2):105-113.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sekaran., Uma., & bougie. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis Pendekatan

Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Suparmoko, M. (2002). Ekonomi Publik untuk Keuangan dan Pembangunan Daerah. Edisi Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah dan Pemerintahan Daerah.

Supadli., Ilyah., & Tamsah., (2018) Pengaruh Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, dan Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Langsung Pemerintah Daerah di Provinsi Sulawesi Barat. Jurnal Mirai Management STIE. Vol. 03 No. 01.

Yulianus., Lisa., & priyagus. (2017). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan terhadap Belanja Langsung dan Belanja Tidak Langsung serta Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda. Volume 19 (2), Edisi 2017




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v12i1.1396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :